PLN Setor Dividen Tahun 2023 Rp 3,1 Triliun ke Negara, 1,5 Kali di Atas Target

Happy Fajrian
23 Juli 2024, 17:51
PLN, dividen, bumn
PLN
PLN menyetorkan dividen tahun buku 2023 sebesar Rp 3,09 triliun kepada negara. Setoran dividen tersebut 1,5 kali di atas target.
Button AI Summarize

PLN (Persero) menyetor dividen Rp 3,09 triliun kepada negara sebagaimana hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN Tahun Buku 2023 yang digelar di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta pada Senin (22/7).

PLN menyampaikan bahwa setoran dividen tersebut melebihi satu setengah kali dari target untuk tahun buku 2023. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa pada RUPS kali ini, PLN melaporkan kinerja keuangan tahun buku 2023, di mana transformasi PLN kembali sukses menghadirkan kinerja terbaik.

Selain kontribusi ke negara melalui setoran dividen tersebut, PLN juga berkontribusi melalui pendapatan pajak (pajak penghasilan, PPN, bea materai, bea masuk, pajak daerah, dan retribusi daerah), dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang mencapai Rp 52,57 triliun.

Laba PLN juga meningkat 53,12% year on year (YoY) dari Rp 14,41 triliun pada 2022 menjadi Rp 22,07 triliun pada 2023. Kinerja keuangan PLN ditopang pertumbuhan penjualan listrik 2023 yang mencapai 288,44 terrawatt hour (TWh), meningkat 5,36% YoY dari 273,76 TWh pada 2022.

Hal tersebut berdampak pada total pendapatan perseroan yang mencapai Rp 487,38 triliun pada 2023 atau tumbuh signifikan dibandingkan raihan di 2022 yang sebesar Rp 46,25 triliun.

“Capaian ini diperoleh atas perjuangan seluruh insan PLN yang menjalankan transformasi berbasis digital secara end to end. Mulai dari sistem pembangkit, transmisi, distribusi, pengadaan, sistem keuangan, sistem planning hingga restrukturisasi organisasi dan pelayanan pelanggan,” kata Darmawan, Selasa (23/7).

Darmawan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, khususnya Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dan pemangku kepentingan lainnya atas dukungan terhadap upaya transformasi yang terus dijalankan perseroan.

“Buah dari transformasi ini mustahil PLN raih tanpa dukungan dari pemerintah. Pemerintah secara konsisten menjaga daya beli masyarakat dan menghadirkan ekosistem investasi yang menarik bagi para pelaku bisnis dan industri sehingga konsumsi listrik terus tumbuh,” ujarnya.

Ia juga menegaskan sebagai BUMN, PLN akan terus melaksanakan amanah negara untuk memastikan seluruh penjuru Indonesia bisa menikmati layanan kelistrikan yang andal dan terjangkau.

“Listrik ini merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Dengan arahan serta bimbingan Bapak Erick Thohir selaku Menteri BUMN yang proaktif mengawal PLN dari level strategis hingga teknis di lapangan, kami optimis mampu memberikan listrik handal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” katanya.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...