Pemerintah dan Organisasi Usaha Dorong Kontribusi Wirausaha Perempuan

Image title
4 Desember 2019, 20:11
Pemerintah dan Organisasi Usaha Dorong Kontribusi Wirausaha Perempuan.
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Perajin membuat kerajinan dari tanaman Resam (Gleichenia linearis) di Desa Pompa Air, Bajubang, Batanghari, Jambi, Selasa (1/10/2019).Pemerintah mendorong perkembangan peranan perempuan dalam bidang usaha, termasuk industri kecil menengah (IKM).

Pemerintah mendorong perkembangan peranan perempuan dalam bidang usaha, termasuk industri kecil menengah (IKM). Sebab, dari jutaan IKM di Indonesia, hampir seluruhnya memiliki campur tangan atau dikelola langsung oleh perempuan.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan, keterwakilan perempuan dalam sektor IKM, rata tersebar dari Sabang sampai Merauke.

"Jumlah UKM di Indonsia saat ini ada sekitar 4,4 juta dan hampir 80% di antaranya bergerak di bidang makanan dan minuman. Dari angka itu hampir 90% dikelola perempuan, maka tak heran kalau banyak women enterpreneur," kata Gati di Jakarta, Rabu (4/12).

(Baca: Dua Pemimpin Perempuan Berbagi Cerita Tantangan Karier dan Usaha)

Karenanya, pemerintah terus menggelar pelatihan untuk para pengusaha wanita dengan peserta dari seluruh Indonesia. "Sehingga mau tak mau perempuan memiliki peranan penting perekonomian Indonesia," ujarnya.

Tak hanya itu, Organisasi non-profit yang bergerak di bidang kewirausahaan, Enterpreneur Organization juga memberi penghargaan Enterpreneurs Organization Womanpreneur Award (EOWA 2020) kepada para wirausaha perempuan atas prestasinya selama ini. 

Ajang tersebut diharapkan dapat menginspirasi perempuan Indonesia lainnya untuk terus berprestasi, terutama dalam hal berwiraswasta, dan pembangunan Indonesia. 

"Penghargaan kali ini difokuskan pada kawasan Timur Indonesia, yang juga mencerminkan dukungan dan komitmen pemerintah dalam membangun dan memberikan kesempatan kepada wilayah tersebut," kata President of Entrepreneurs’ Organization Indonesia East Caroline Gondokusumo di Jakarta. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...