Jokowi Resmikan Terminal Bandara Depati Amir, Dana Investasi Rp 650 M

Image title
15 Maret 2019, 07:07
Peresmian Terminal Bandara Depati Amir
Dokumentasi Sekretariat Kabinet
Presiden Jokowi mendapatkan penjelasan tentang maket KEK Tanjung Kelayang, di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Babel, Kamis (14/3) pagi.

Presiden Joko Widodo meresmikan terminal Bandara Depati Amir yang terletak di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Kamis (14/3). Terminal dua lantai yang mulai beroperasi pada 11 Januari 2017 ini dibangun dengan investasi Rp 649,7 miliar pada 2012-2018. Kini, terminal tengah dalam proyek perluasan untuk meningkatkan kapasitas penumpang.

Terminal bandara ini telah memiliki kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun. Namun, karena adanya pertumbuhan penumpang yang pesat hingga mencapai 2 juta penumpang per tahun, maka Angkasa Pura II selaku pengelola bandara tersebut akan membangun terminal baru pada sisi selatan sehingga kapasitas bandara ditargetkan menjadi 3 juta penumpang pada 2020.

Saat peresmian, Jokowi menyatakan, dirinya juga telah memerintahkan pembangunan terminal di sisi utara untuk semakin memperbesar kapasitas bandara. “Sehingga total kapasitas yang ada 5 juta penumpang per tahun,” ujar Jokowi saat peresmian Bandara Depati Amir, seperti dikutip dari siaran pers PT Angkasa Pura I, Kamis (14/3).

(Baca: Jokowi Minta Bandara Radin Inten II di Lampung Buka Rute Internasional)

Menurut dia, laju pertumbuhan penumpang harus diantisipasi dengan melakukan pengembangan fasilitas terminal. Baiknya fasilitas terminal diharapkan dapat memicu peningkatan jumlah wisatawan ke wilayah tersebut.

Jumlah penumpang, termasuk wisatawan ke wilayah tersebut diyakini bakal terus meningkat. Apalagi, sudah ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Gunung, KEK Tanjung Kelayang, dan akan terus dibuka lagi kawasan KEK yang baru di daerah tersebut.

Jokowi menjelaskan, perekonomian daerah tumbuh pesat, disokong sektor pariwisata. “Saat ini saja, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bangka Belitung tambah naik mencapai 300%,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...