Resmikan Bandara Wiriadinata, Jokowi Minta Garuda Tambah Rute

Dimas Jarot Bayu
28 Februari 2019, 08:25
Bandara udara
Katadata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menambah jadwal penerbangan dari dan ke Tasikmalaya melalui Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat. Bandara itu resmi dibuka Presiden setelah rampung direvitalisasi pada Rabu (27/2).

Selain membangun terminal khusus penumpang, bandara  baru Wiriadinata juga memperpanjang landasan pacu hingga mencapai 1.600 meter. Bandara Wiriadinata semula berfungsi sebatas pangkalan udara operasional TNI. Belakangan, bandara tersebut dibuka untuk penerbangan komersial.

(Baca: Jokowi Perintahkan Pengelolaan Lima Bandara Dilepas ke Swasta)

Ada pun, maskapai yang melayani penerbangan di bandara ini adalah Wings Air dengan jenis pesawat ATR. Rute penerbangan maskapai tersebut, yakni Tasikmalaya-Jakarta (Halim Perdanakusuma).

Pascarevitalisasi, Jokowi menginstruksikan Garuda Indonesia menambah jadwal penerbangan dari dan ke Tasikmalaya melalui Bandara Wiriadinata. "Nanti kami harapkan Maret ada tambahan flight lagi. Saya akan perintah lagi Garuda tambah satu (penerbangan)," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...