Ionic 5 Laku Terjual di RI, Hyundai Incar Pasar Mobil Listrik Asean

Andi M. Arief
6 April 2022, 19:23
Hyundai, batere listrik
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Mobil Hyundai Ioniq 5 dengan tanda tangan Presiden Joko Widodo usai peluncuran di IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022).

PT Hyundai Motors Indonesia (HMI) berencana menjual mobil listrik Ionic 5 ke pasar Asia Tenggara.  Ioniq 5 merupakan kendaraan ramah lingkungan pertama yang diproduksi di Indonesia.

HMMI ini menargetkan dapat mengekspor EV ke Asia Tenggara secepatnya pada 2024. Pada saat itu akan ada beberapa pabrik pendukung EV HMMI telah rampung sehingga tingkat komponen dalam negeri (TKDN) EV buatan HMMI mencapai 40%.

"Mobil listrik (HMMI) bisa ekspor ke Asia Tenggara. Jadi, memang Indonesia bisa menjadi sebagai tempat yang bisa membuat mobil listrik pertama di Asia Tenggara dan juga bisa ekspor di dalam Asia Tenggara," kata COO Hyundai Motor Asia Pasific Lee Kang Hyun dalam Indonesia Data and Economic (IDE) Conference 2022 yang diadakan Katadata, Rabu (6/5)

Lee mengatakan HMMI berhasil menjual 500 unit Ionic 5 selama lima hari di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Ionic 5 merupakan kendaraan listrik (EV) berbasis baterai besutan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

Namun, sebagian besar komponen Ionic 5 saat ini masih bergantung pada impor. Kendaraan listrik tersebut mulai mengandalkan pabrikan dalam negeri pada 2024  setelah rampungnya pabrik battery cell dan battery pack Hyundai. 

"Kami yakin Indonesia sudah siap semuanya, dan Hyundai sudah siap. Tahun ini bulan Maret (HMMI) sudah memproduksi Ionic 5 dari pabrik Cikarang," kata Lee.

Lee mengatakan HMMI mulai menjual EV di Indonesia sejak tahun lalu. Hyundai berhasil menguasai pasar EV nasional, yakni 700 unit EV Hyundai dari total penjualan EV pada 2021 sebanyak 800 unit. Adapun kapasitas produksi hingga 200 ribu unit per tahun. 

HMMI ini menargetkan dapat mengekspor EV ke Asia Tenggara secepatnya pada 2024. Pada saat itu pabrik battery cell hasil patungan dari LG Energy Solution Ltd dan Hyundai Motor Group di Cikarang, bakal rampung. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...