UMKM Surabaya Raup Rp 400 Juta/Bulan & Rambah AS Berkat Kulit Sapi

Fahmi Ahmad Burhan
28 Juni 2022, 17:10
umkm, ekspor,
Instagram/@revoltindustry
Produk dari Revolt Industry

Revolt Industry meraup omzet Rp 400 juta per bulan dan mengekspor produknya hingga Italia. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asal Surabaya memanfaatkan potensi kulit sapi lokal.

UMKM itu bergerak di bidang produk gaya hidup, seperti fashion dan aksesori dengan material kulit sapi lokal. Produknya berupa dompet, tas hingga masker.

CEO Revolt Industry Stephen Firmawan Panghegar bercerita, modal awalnya Rp 7 juta. Ia membangun bisnis ini bersama tiga temannya pada 2014.

"Ada keunggulan sumber daya alam yang spesifik dan punya nilai kualitas tinggi, yakni kulit sapi Jawa," kata Stephen dalam webinar Win Local, Go Global - Bangga UKM Indonesia,  yang digelar Katadata bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Selasa (28/6).

Sepengetahuannya, kulit sapi banyak ditemukan di desa-desa di Jawa Timur. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), provinsi ini memiliki desa dengan industri kerajinan kulit paling banyak di Indonesia, sebagaimana terlihat pada Databoks di bawah ini:

 

Stephen mengatakan, industri kulit termasuk kategori sekunder. "Ini mengubah dari sampah jadi produk yang mempunyai nilai tinggi," katanya. Selain itu, kulit sapi Jawa diminati oleh pasar luar negeri.

Revolt menjalankan bisnis secara independen, mulai dari pencarian material produk hingga pengelolaan keuangan.

UMKM itu pun meraup omzet Rp 400 juta sebulan. Revolt Industry juga telah mengekspor produknya ke sejumlah negara seperti Belgia, India, Jepang, Australia, Malaysia hingga AS.

Sebelum pandemi Covid-19, Revolt mengekspor 20% - 25% produknya ke luar negeri. "Setelah pandemi corona, kami hanya sumbang 10% untuk ekspor," katanya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...