Tiga Bandara RI Masuk 10 Besar Tersibuk di ASEAN, Soetta Nomor Satu

Tia Dwitiani Komalasari
20 September 2022, 13:10
Sejumlah calon penumpang pesawat mengantre di loket lapor diri Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (19/4/2022)
ANTARA FOTO/Fauzan/nym.
Sejumlah calon penumpang pesawat mengantre di loket lapor diri Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (19/4/2022).

Bandara Soekarno Hatta tercatat sebagai bandara tersibuk di Asia Tenggara pada September 2022, berdasarkan data Official Airline Guide atau OAG. Sementara Lion Air tercatat sebagai maskapai penerbangan dengan kursi keberangkatan terbesar di Asia Tenggara.

Berdasarkan data yang dikutip dari oag.com Selasa (20/9), Bandara Soekarno-Hatta tercatat merupakan bandara tersibuk dengan 2,96 juta kursi untuk penerbangan bulan ini. Penambahan kursi Bandara Soekarno Hatta tercatat mencapai 6% dibandingkan bulan sebelumnya.

Advertisement

Posisi kedua tersibuk di ASEAN ditempati bandara Ho Chi Minh City, Vietnam, dengan 2,09 juta kursi, dan ketiga Singapore Changi Airport dengan 2,08 juta kursi.

Bandara Indonesia lainnya yang menempati 10 besar adalah I Gusti Ngurah Rai, Bali, di posisi 9 dengan 902 ribu kursi. Jumlah kursi tersebut tumbuh 4% dibandingkan bulan lalu. Sementara di posisi 10 adalah bandara Makassar dengan 841 ribu kursi.

 Data tersebut menunjukkan mulai menggeliatnya industri penerbangan di Indonesia setelah sempat terpuruk pasca pandemi Covid-19. President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan lalu lintas penerbangan pada 2022 meningkat secara berkelanjutan, dibandingkan tahun 2020 dan 2021 lalu.

“Sinyal yang menunjukkan pemulihan penerbangan kian kuat pada Kuartal III/2022, dan akan berlanjut terus hingga Kuartal IV/2022," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (17/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement