Daftar Obat Sirop yang Diklaim Bebas Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

Tia Dwitiani Komalasari
20 Oktober 2022, 15:10
Seorang warga menjaga anaknya yang dirawat dengan dugaan gagal ginjal akut di RSUP Dr.M.Djamil, Padang, Sumatera Barat, Kamis (20/10/2022).
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.
Seorang warga menjaga anaknya yang dirawat dengan dugaan gagal ginjal akut di RSUP Dr.M.Djamil, Padang, Sumatera Barat, Kamis (20/10/2022).

Kementerian Kesehatan telah meminta fasilitas kesehatan hingga apotek menghentikan sementara pemberian obat sirup imbas penemuan kasus gagal ginjal akut pada anak yang diduga akibat kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). Menyusul instruksi tersebut, sejumlah produsen farmasi di Indonesia mengeluarkan pernyataan bahwa produknya bebas dari kedua zat tersebut.

Hasil pengujian sementara Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa sebanyak 15 dari 18 obat sirop yang dikonsumsi pasien mengandung etilen glikol. Namun demikian, hingga saat ini Kemenkes belum secara terbuka mengumumkan daftar obat yang mengandung EG dan DEG

"Bukan paracetamol yang tidak boleh, tapi beberapa obat tersebut mengandung EG dan sedang diidentifikasi lagi," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Jakarta, Rabu (19/10).

Dante mengatakan bahwa warga yang memerlukan alternatif obat selain sirop bisa berkonsultasi dengan dokter. Pemerintah juga tidak melarang penggunaan paracetamol.

"Dokter akan memberikan obat racikan dan paracetamol tetap aman," katanya.

Menanggapi heboh kandungan EG dan DEG, sejumlah produsen obat sirop menyatakan bahwa produknya bebas dari zat tersebut.

Berikut daftar produsen yang mengklaim bebas produk obat siropnya bebas dari Eg dan DEG:

1. Kalbe Farma

PT Kalbe Farma Tbk dan anak perusahaan menyatakan bahwa tidak menggunakan bahan baku EG dan DEG. Kalbe akan mematuhi arahan dan permintaan Badan POM untuk memeriksa kembali produk-produk Kalbe dari kandungan EG dan DEG agar aman untuk dikonsumsi masyarakat.

"Kebijakan antisipatif pemerintah terhadap pengaturan peredaran produk sediaan sirup merupakan bentuk kehati-hatian yang juga menjadi perhatian Kalbe dalam memasarkan obat kepada masyarakat," ujar manajemen Kalbe Farma dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (20/10).

Produk obat sirop Kalbe Farma diantaranya Woods, Sakatonik Liver, Sakatonik ABC, dan Promag Herbal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...