Dulu Ramai dan Bergengsi, Plaza Semanggi Kini Sepi Pengunjung

Nadya Zahira
11 Januari 2023, 16:11
Suasana sepi dan sebagian toko tutup permanen di Plaza Semanggi, Selasa (10/1).
Nadya Zahira/Katadata
Suasana sepi dan sebagian toko tutup permanen di Plaza Semanggi, Selasa (10/1).

Plaza Semanggi kini sepi pengunjung bahkan sebagian tokonya sudah tutup permanen. Padahal pusat perbelanjaan tersebut sangat populer di awal 2000-an serta menjadi tempat menjajakan berbagai merek lokal dan dunia.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id,  sebagian besar kios di Plaza Semanggi sudah tidak memasang papan merek. Itu artinya, kios tersebut sudah tutup permanen.

Dari seluruh gedung, lantai dasar merupakan yang paling ramai karena ditempati oleh beberapa restoran cepat saji. Beberapa pengunjung masih nampak di restoran tersebut. namun jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Sementara lantai lainnya terlihat sangat sepi. Di lantai UG yang merupakan wilayah fashion, hanya dua toko yang masih buka saat Katadata.co.id memantau mal tersebut pukul 18.45 WIB. Sebagian kios sudah tidak memiliki papan merek, sebagian lagi masih memasang papan merek namun tidak beroperasi.

Suasana sepi semakin kentara pada lantai di atasnya. Sebagian lampu di lorong toko bahkan sudah dimatikan.

Sepi Sejak Pandemi

Salah satu karyawan toko jaket, Winter Mode, Pipin Nur Kholifah mengatakan bahwa dulu Plaza Semanggi sangat ramai. Namun demikian, mal langsung sepi sejak pandemi Covid-19. Apalagi pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan asyarakat atau PPKM yang menyebabkan jumlah kunjungan menurun drastis.

"Kita waktu pandemi turun drastis ya, biasanya dulu bisa dapet omzet Rp 4 juta dalam sehari, sekarang paling banyak paling Rp 1 Juta dalam sehari," ujarnya kepada Katadata.co.id saat ditemui di Mal Plaza Semanggi, pada Selasa (10/1).

Pipin mengatakan, kondisi mal yang sepi tidak berubah meskipun saat ini pemerintah mencabut kebijakan PPKM.

Pedagang Sepatu Bazar Sneakers, Dirga Bintang, mengatakan hal senada. Menurut Bintang, Palza Semanggi hanya ramai pada hari minggu karena ada gereja di mal tersebut.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...