Kementerian PUPR Sebut IKN Wujud Pembangunan TOD Sesungguhnya

Nadya Zahira
2 Maret 2023, 16:34
Pekerja melintas di lokasi proyek pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023). Pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri tersebut
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Pekerja melintas di lokasi proyek pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023). Pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri tersebut tengah memasuki tahap pematangan lahan dan ditargetkan rampung pada Juni 2024 sebagai salah satu persiapan untuk penyelenggaraan upacara bendera Hari Kemerdekaan RI di IKN Nusantara.

Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara dinilai merupakan bentuk nyata pembangunan Transit Oriented Development atau TOD yang sesungguhnya.  Pada IKN, masyarakat bisa mengakses semua titik publik dengan berjalan kaki selama 10 menit.

"Kalau ada yang menyampaikan bahwa IKN adalah TOD yang sesungguhnya, maka hal itu memang benar adanya. Ini harus kita bangun dan wujudkan secara terarah," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kemneterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Iwan Suprijanto, dalam acara Adhi Expo 63, di Jakarta, Kamis (2/3).

Iwan mengatakan, TOD membuat mobilitas masyarakat bisa lebih mudah, misalnya dari hunian ke tempat kerja. Sehingga diharapkan TOD bisa berkembang bukan hanya di IKN saja, tetapi juga di wilayah Jabodetabek.

Menurut Iwan, salah satu Key Performance Indicator atau KPI dari pembangunan IKN yakni masyarakat bisa mengakses ke semua titik area dan fasilitas publik IKN hanya 10 menit dengan berjalan kaki.

"Bagaimana caranya? Yaitu dengan melakukan penataan ruang IKN itu sendiri, dengan orientasi konsep TOD," kata dia.

Iwan mengatakan, IKN juga bisa menjadi solus kiarena pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur harus dimulai dengan pembangunan konsep baru. Hal ini untuk menghindari  masalah perkotaan di kemudian hari.

Dia menuturkan, hal tersebut bertujuan supaya bagaimana konsep pembangunan di IKN sudah bisa mengakomodir konsep TOD tersebut.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...