Pasar Kendaraan Listrik Indonesia Diproyeksikan Capai Rp 30T pada 2029

Image title
11 Juni 2023, 16:52
kendaraan listrik
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/hp.
Ilustrasi, sejumlah pengunjung memperhatikan kendaraan elektrik yang dipamerkan di salah salah satu pusat perbelanjaan di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (22/3/2023).

Pasar kendaraan listrik Indonesia diproyeksikan akan mencapai nilai sekitar US$ 2,02 miliar, atau setara dengan Rp 30 triliun (asumsi kurs Rp 14.888,95/US$). Angka ini didasarkan atas hasil penelitian Maximize Market Research.

Laporan Maximize Market Research menyebutkan, nilai pasar kendaraan listrik Indonesia yang telah mencapai US$ 533,19 juta atau sekitar Rp 7,93 triliun pada 2020 lalu, akan tumbuh dengan compound annual growth rate (CAGR) 20,96% hingga 2029. Sehingga, diperkirakan nilainya bisa mencapai US$ 2,02 miliar.

Laporan riset tersebut, mencakup analisis tentang strategi, tren dan skenario pasar mikro dan makro, analisis harga, dan keadaan pasar jangka pendek, serta pandangan mendalam tentang pesaing utama. Kemudian, mencakup tren masa depan yang diharapkan dapat mendorong perkembangan pasar kendaraan listrik Indonesia.

Laporan tersebut menyoroti dinamika utama yang mendorong pertumbuhan pasar kendaraan listrik di Indonesia. Ini termasuk sumber daya alam negara yang melimpah, seperti nikel, yang penting untuk baterai kendaraan listrik.

Lalu, peta jalan ambisius pemerintah untuk kendaraan listrik, dengan rencana untuk memiliki armada bus listrik dan jaringan stasiun pengisian yang luas, juga merupakan pendorong yang signifikan untuk pertumbuhan pasar.

Lebih lanjut, riset Maximize Market Research juga menekankan insentif yang diberikan oleh pemerintah, seperti keringanan pajak dan peraturan yang menguntungkan, yang menarik investor ke industri kendaraan listrik Indonesia.

Meski masih dalam tahap awal, pasar kendaraan listrik Indonesia disebutkan memiliki potensi yang besar. Ini ditunjukkan dengan ketertarikan konsumen terhadap kendaraan listrik yang semakin meningkat, serta didorong oleh kepedulian terhadap lingkungan dan keinginan untuk gaya hidup yang lebih berkelanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...