Harga Pangan Turun Jelang Idul Adha, Cabai hingga Beras

Nadya Zahira
19 Juni 2023, 15:44
Pedagang menata cabai rawit di Pasar Senen, Jakarta, Senin (6/3/2023). Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, menjelang bulan Ramadhan harga cabai rawit mulai mengalami kenaikan yaitu cabai rawit merah kini menyentuh Rp67.700 pe
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Pedagang menata cabai rawit di Pasar Senen, Jakarta, Senin (6/3/2023). Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, menjelang bulan Ramadhan harga cabai rawit mulai mengalami kenaikan yaitu cabai rawit merah kini menyentuh Rp67.700 per kilogram naik dari bulan sebelumnya Rp56.450 dan cabai rawit hijau kini mencapai Rp48.050 per kilogram naik dari Rp45.900 pada bulan sebelumnya.

Harga pangan turun sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha 2023. Bahan pangan yang turun tersebut di antaranya cabai, bawang putih, dan beras.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di Pasar Tradisional Jaya Gondangdia, Jakarta Pusat, pada Senin (19/6), harga cabai rawit merah turun mencapai Rp 45.000 per kilogram. Harga tersebut turun dari pekan sebelumnya Rp 50.000 per kg.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Tradisional Gondangdia, Amsanih mengatakan, penurunan harga cabai baru terjadi dua hari yang lalu. Namun menurut dia, penurunan harga pangan ini tidak akan berlangsung lama. Harga cabai merah rawit diperkirakan kembali naik mendekati Idul Adha karena permintaan yang tinggi.

“Turunnya baru dua hari yang lalu, tapi ini penurunan harganya enggak lama, karena harganya engga tentu, suka naik turun,” ujar Amsanih kepada Katadata.co.id saat ditemui di Pasar Tradisional Jaya Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (19/6).

Selain cabai rawit merah, dia mengatakan bahwa harga cabai merah keriting juga mengalami penurunan menjadi Rp 42.000 per kilogram. Harga tersebut turun dibandingkan pekan sebelumnya yang mencapai Rp 40.000 per kg

Sementara itu, dia mengatakan bahwa untuk stok cabai merah keriting dan cabai rawit merah masih normal dan selalu tersedia. Bahkan, adanya penurunan harga dari kedua komoditas cabai tersebut membuat permintaan kembali meningkat.

“Adanya penurunan harga ini pembeli jadi nambah jumlah pembeliannya, yang biasanya kemarin cuma bei 1/4 aja, sekarnag sudabsampai dua kilogram, ” kata dia.

Tak hanya itu, harga cabai rawit hijau juga mengalami penurunan yang saat ini menjadi Rp 38.000 per kg. Harga tersebut turun dibandingkan dua hari lalu yang kencapai Rp 40.000 per kg.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...