Tarif TransJakarta, MRT, dan LRT Hanya Rp 1 Hari Ini

Tia Dwitiani Komalasari
22 Juni 2023, 10:42
Sejumlah penumpang tidak menggunakan masker saat di dalam kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Minggu (11/6/2023). Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 26/SE/2023 tentang protokol kesehatan di dalam sarana dan prasarana
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nz
Sejumlah penumpang tidak menggunakan masker saat di dalam kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Minggu (11/6/2023). Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 26/SE/2023 tentang protokol kesehatan di dalam sarana dan prasarana angkutan umum pada masa transisi menuju Endemi salah satunya MRT Jakarta mulai tanggal 11 Juni 2023 memperbolehkan penumpang tidak menggunakan masker bila sehat dan dianjurkan menggunakan masker bila kondisi sakit.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan tarif Rp 1 untuk transportasi umum TransJakarta, MRT, LRT pada Kamis (22/6) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Jakarta.

 "Sebenarnya gratis, tapi karena terkait dengan pencatatan transaksi maka dikenakan satu rupiah saja," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/6).
 
Syafrin mengatakan, layanan transportasi Rp 1 berlaku pada 22 Juni 2023 pukul 00.00-23.59 WIB.
 
Namun, pengguna transportasi umum tetap wajib menempelkan tiket atau tap in di gerbang penumpang. Dengan demikian, saldo uang elektronik terpotong Rp 1 dan tercatat telah melakukan transaksi di dalam sistem.

Lebih Ramah Lingkungan

Direktur Utama TransJakarta Welfizon Yuza mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan TransJakarta sebagai moda transportasi yang memiliki peran utama dalam perubahan iklim di DKI Jakarta menjadi lebih baik.
 
"Untuk layanan TransJakarta, Mikrotrans, TransJakarta Cares, Bus Wisata tetap berlaku tarif Rp0 atau gratis. Bagi pelanggan dihimbau untuk membawa kartu uang eletronik (KUE) ketika akan menggunakan layanan TransJakarta. Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang TransJakarta," kata Welfizon dalam keterangan tertulisnya.
 
Sementara itu,  Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi mendukung kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang menerapkan tarif Rp1 bagi penumpang besok.
 
“Sebagai salah satu operator transportasi publik yang melayani segenap masyarakat Jakarta, LRT Jakarta mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai penerapan tarif Rp1 di LRT Jakarta pada tanggal 22 Juni 2023,” kata Sheila Indira Maharshi.
 
Begitupun dengan Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi yang turut memberlakukan tarif Rp 1. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta e-0078 Tahun 2023 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta Dalam Rangka HUT ke-496 Jakarta.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...