Hyundai Indonesia Targetkan TKDN Mobil Listrik Capai 60% pada 2024

Nadya Zahira
11 Juli 2023, 19:14
Proses produksi kendaraan Hyundai di pabrik Cikarang, Bekasi, Selasa (11/7/2023).
Nadya Zahira/Katadata
Proses produksi kendaraan Hyundai di pabrik Cikarang, Bekasi, Selasa (11/7/2023).

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia optimistis  dapat menaikkan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN pada produksi mobil listriknya hingga mencapai 60% pada 2024. Peningkatan tersebut dapat dicapai jika mereka telah berhasil memproduksi baterai buatan sendiri di Cikarang, Bekasi, mulai tahun depan.

President Hyundai Motor ASEAN Headquarters Youngtack Lee mengatakan, nilai TKDN tersebut sudah sesuai dengan yang ditargetkan oleh pemerintah Indonesia. 

"Nah jadi TKDN Hyundai bisa di atas 60%. Karena sekarang baru 40%. Peraturan di Indonesia sebenarnya sampai tahun 2024 harusnya memang 60%," ujar Lee saat ditemui di pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/7).

Dia menuturkan, Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan Hyundai Mobis melalui Hyundai Energi Indonesia atau HEI sedang membangun pabrik battery system pertama di Indonesia. Pabrik tersebut dibangun pada lahan seluas 32.188 meter persegi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Adapun fasilitas pada pabrik tersebut menelan investasi sebesar US$ 60 juta atau setara Rp 900 miliar. Dengan demikian, Lee berharap pabrik itu dapat memperkuat rantai pasok pada produksi kendaraan listrik dalam negeri.

Rencananya, pabrik ini akan memulai produksi massal pada paruh pertama tahun 2024. Pembangunan pabrik baterai tersebut bertujuan memperkuat rantai pasok dalam produksi Battery Electric Vehicle (BEV).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...