58 PSN Terancam Mandek, Ini Nasib Tol Getaci dan Blok Masela

Nadya Zahira
17 Juli 2023, 18:08
Foto udara Simpang Susun Cileunyi yang menyambungkan Jalan Tol Pubaleunyi dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/4/2022). Untuk meningkatkan konektivitas di wilayah Jawa Barat, Pemerintah P
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Foto udara Simpang Susun Cileunyi yang menyambungkan Jalan Tol Pubaleunyi dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/4/2022). Untuk meningkatkan konektivitas di wilayah Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengakselerasi proyek infrastruktur strategis pada 2022 salah satunya adalah penyelesaian Jalan Tol Cisumdawu serta pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) yang akan dimulai pada tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menanggapi 58 Proyek Strategis Nasional atau PSN yang terancam mandek karena belum digarap. Padahal, seluruh PSN tersebut ditargetkan tuntas 2024.

Airlangga mengatakan, pemerintah telah melakukan evaluasi dalam 6 bulan terakhir. Dia optimistis sebagian dari 58 PSN tersebut akan tergarap hingga 2024. Namun demikian, PSN tersebut harus memenuhi dua syarat.

"Proyek yang dilanjutkan ke depan itu proyek yang financial closing-nya sudah ada, dan yang kedua tidak menggantungkan kepada APBN. Jadi, dengan kriteria tersebut, proyek-proyek itu berlanjut," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers PSN Jateng, Senin (17/7).

Dia mengatakan, PSN yang memenuhi kriteria tersebut akan berlanjut dan ditargetkan dapat selesai pada 2024. Sementara untuk proyek lainnya yang belum masuk kriteria tersebut akan dibahas kembali pada tahun anggaran selanjutnya. 

Nasib Tol Getaci dan Blok Masela

Airlangga mengatakan, salah satu PSN yang akan rampung pada 2024 adalah Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Getaci. Jalan tol tersebut direncanakan akan membentang sepanjang 206,65 kilometer atau km dari Jawa Barat ke Jawa Tengah.  

"Tentu ada beberapa proyek yang menjadi bagian daripada keberlanjutan dari pembangunan yang ada sekarang. Nah, tentu proyek-proyek tersebut salah satunya jalan tol Getaci yang tadi juga dibahas dengan Menteri PUPR.

Airlangga mengatakan, terdapat juga PSN lainnya yang tidak akan selesai sepenuhnya pada 2024. Salah satunya adalah Blok Masela yang merupakan lapangan minyak dan gas terbesar di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...