Pemerintah Tunjuk Holding BUMN Farmasi Rancang Penyelamatan Indofarma

Ira Guslina Sufa
8 Mei 2024, 07:27
Aksi demontrasi karyawan Indofarma di depan Gedung Kementerian BUMN
Serikat Pekerja Indofarma
Aksi demontrasi karyawan Indofarma di depan Gedung Kementerian BUMN
Button AI Summarize

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pemerintah sedang merancang upaya penyelamatan PT Indofarma (Persero) Tbk (INAF). Wamen yang biasa disapa Tiko ini mengatakan penyelamatan dirancang untuk meningkatkan kinerja anak perusahaan PT Bio Farma (Persero) itu.

Menurut Tiko saat ini Kementerian BUMN telah menunjuk holding BUMN Farmasi, Bio Farma, untuk memimpin penyelamatan secara penuh. Ia menyebut Kementerian BUMN bersama Bio Farma ​​​​​​​sedang mempelajari permasalahan yang dihadapi ​​​​​​​Indofarma.

“Kita lihat skalanya seperti apa, karena sekarang kondisinya lagi sangat berat sekali. Jadi, Bio Farma nanti yang akan melakukan penyelamatan (sebagai) holding,” kata Tiko seperti dikutip Rabu (8/5). 

Menurut Tiko. Indofarma saat ini sedang mengalami kondisi keuangan yang sangat sulit karena berbagai persoalan, termasuk utang. Kondisi ini membuat Indofarma mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) sementara.

Dia menambahkan penanganan Indofarma saat ini difokuskan pada dua aspek yaitu penyelamatan perusahaan dan pemeriksaan atas dugaan kejahatan​​​​​​​. Aspek penyelamatan menjadi bagian dari Bio Farma. 

“Aspek fraud-nya lagi kita tindaklanjuti dengan hasil audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), mungkin nanti ke penegak hukum,” ujar Tiko lagi. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...