Resmikan LRT Jabodebek, Jokowi Targetkan Polusi Jakarta Berkurang

Andi M. Arief
28 Agustus 2023, 10:28
jokowi, lrt, kereta
Biro Pers Sekretariat Presiden / Laily Rachev
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama pimpinan lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Ibu OASE KIM menggunakan LRT dari Stasiun LRT Harjamukti, Depok menuju Stasiun Cawang, Jakarta Timur pada Senin, 28 Agustus 2023.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan kereta api ringan atau LRT Jabodebek pada pagi ini. Jokowi menumpangi LRT dari Stasiun Harjamukti dan melakukan peresmian di Stasiun Cawang. 

Jokowi terpantau melakukan perjalanan sekitar 25 menit dan tiba di Stasiun Cawang pukul 08.50 WIB. Presiden lalu melanjutkan perjalanan ke Stasiun LRT Dukuh Atas sekitar pukul 09.00 WIB. 

Jokowi mengatakan salah satu tujuan pembangunan LRT adalah mengurangi kendaraan yang masuk ke DKI Jakarta. Pada akhirnya, kata Jokowi, pengurangan kendaraan di Ibu Kota akan mengurangi waktu kemacetan dan polusi. 

"DKI Jakarta selalu masuk sebagai 10 kota termacet di dunia. Setiap hari masuk 996.000 kendaraan ke Jakarta. Oleh sebab itu, macet dan polusi juga selalu ada di Jakarta," kata Jokowi di Stasiun LRT Cawang, Senin (28/8). 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui peningkatan partisipasi publik dalam menggunakan transportasi umum tidak mudah. Hal tersebut terlihat dari belum penggunaan MRT ang belum maksimal.

Jokowi mencatat total penumpang MRT secara harian baru mencapai 80.000 orang. Artinya, masih ada 100.000 kapasitas yang belum dimanfaatkan dari total kapasitas 180.000 penumpang per hari. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...