Waskita Karya Tunda Bayar Utang, Garap 60% Proyek IKN Senilai Rp 4,3 T

Ira Guslina Sufa
28 Agustus 2023, 09:37
Waskita IKN
Zahwa Madjid/Katadata
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Jumat (28/7).

Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk (WSKT) Mursyid mengatakan perusahaan saat ini tengah fokus menggarap pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) senilai Rp 4,3 triliun. Mursyid berharap pembangunan bisa selesai tepat waktu.

“Saat ini, Waskita Karya memiliki porsi 60% lebih dalam pengerjaan proyek IKN. Perseroan juga telah turut memberdayakan pekerja lokal sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat setempat,” ujar Mursyid seperti dikutip dari Antara, Senin (28/8). 

Mursyid berkeyakinan Waskita bisa menggesa target pemerintah sehingga mendukung pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Presiden Joko Widodo telah mengumumkan agar pelaksanaan upacara peringatan 17 Agustus 2024 secara kenegaraan berlangsung di IKN. 

Dia merencanakan perseroan saat ini sedang mengerjakan proyek jalan tol IKN Ruas 5A. Proyek ini mencakup pembangunan Jembatan Dirgahayu yang akan menjadi ikon (progres 33,67 persen), dan proyek Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 (progres 48,13 persen).

Kemudian, perseroan memenangkan tender pembangunan proyek Jalan Feeder Distrik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. proyek jalan feeder ini telah disepakati dengan penandatanganan kontrak kerja pada awal Juli 2023.

Selain itu, terdapat proyek Gedung Sekretariat Presiden dan Fasilitas Gedung Penunjang. Waskita juga mendapat proyek Gedung dan Kawasan Kementerian Koordinator (Kemenko) Paket 3, proyek Gedung dan Kawasan Kemenko Paket 4. Sebagai pendukung infrastruktur sumber daya air, perseroan turut membangun Instalasi Pengolahan Air Limpah (IPAL) 1, 2, 3 di IKN.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...