Sandiaga Uno Tolak TikTok Dilarang, Menkop UKM: Membunuh Ekonomi Lama

Desy Setyowati
16 September 2023, 11:59
TikTok, teten masduki, umkm, sandiaga uno
Skill Akademi by Ruangguru
TikTok Shop

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno tak setuju jika TikTok Shop dilarang beroperasi di Indonesia. Sementara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyoroti transformasi digital yang dinilai membunuh ‘ekonomi lama’.

Saat mengunjungi Hetero Space Solo, Jawa Tengah, Sandiaga Uno menyampaikan kementerian bekerja sama dengan TikTok untuk mempromosikan produk UMKM. Menurutnya, digital marketing atau pemasaran berbasis digital mampu meningkatkan penjualan produk pelaku usaha.

Terlebih lagi, jumlah pengguna TikTok di Indonesia mencapai 100 juta. Penggunaan internet di Tanah Air berkisar 8-9 jam per hari.

"Ini regulasinya sedang kami godok. Yang pasti mampu memberdayakan UMKM," kata Sandiaga Uno dikutip dari Antara, Jumat (15/9).

"Bagaimana media sosial bisa digunakan sebagai sarana promosi, tidak justru membunuh UMKM karena nilai penjualan yang semakin menurun," Sandiaga Uno menambahkan.

Menanggapi hal tersebut, Teten menilai para menteri tidak memiliki acuan terkait transformasi digital, karena belum ada strategi nasional terkait ini. “Padahal transformasi digital melibatkan banyak aspek,” katanya kepada Katadata.co.id, Sabtu (16/9).

Ia menjelaskan, transformasi digital di Indonesia hanya berkembang di sektor perdagangan yakni e-commerce. “Bukan di sektor produksi,” Teten menambahkan.

UMKM Indonesia tak didukung rantai pasok yang mumpuni dan berbasis teknologi. Padahal seingatnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah lama mengingatkan kementerian dan swasta untuk mengadopsi teknologi seperti kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) guna menggenjot produksi.

“Tidak ada yang mewujudkan bagaimana teknologi digital diaplikasikan ke sistem produksi nasional, industri manufaktur, pertanian, agro maritim, kesehatan dan lainnya,” ujar Teten.

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...