Menteri Basuki Resmikan Pabrik Indo Karya Beton, TKDN Capai 70%

Tia Dwitiani Komalasari
19 September 2023, 07:58
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, meresmikan pabrik PT Indo Karya Beton di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (18/9/2023).
Humas Kementerian PUPR
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, meresmikan pabrik PT Indo Karya Beton di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (18/9/2023).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, meresmikan pabrik PT Indo Karya Beton di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (18/9/2023). PT Indo Karya Beton adalah perusahaan yang berkembang di bidang pembuatan tiang pancang beton.

Basuki mengungkapkan tiang pancang atau spun pile sangat dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung di Jawa Tengah. Infrastruktur tersebut di antaranya pembangunan Tol Solo-Yogyakarta, Tol Yogyakarta-Bawen, dan Tol Semarang-Demak.

"Mudah-mudahan produk tiang pancang dari PT Indo Karya Beton dapat membantu mempercepat pembangunan infrastruktur khususnya di Jawa Tengah," katanya dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PUPR.

Basuki juga menyambut baik rencana PT Indo Karya Beton untuk bekerja sama dengan Politeknik Pekerjaan Umum dalam program magang.

"Sebelum lulus, para mahasiswa Politeknik PU sudah magang selama 6 bulan dengan peralatan sama dengan yang dipakai di Kementerian PUPR. Jadi mereka pasti sudah siap kerja sesuai kebutuhan industri konstruksi saat ini," ujarnya.

TKDN hingga 70%

Direktur Utama PT Indo Karya Beton, Didik Sugiantoro, menjelaskan perusahaan ini mulai berdiri sejak Agustus 2022 dengan rencana kapasitas produksi sebesar 1,5 juta meter.

"Target tenaga kerja sebanyak 250 orang terdiri dari lulusan pendidikan sekolah menengah, diploma, maupun sarjana. Saat ini kami sudah bekerja sama dengan Undip, Polines Semarang, ITS Surabaya, dan sejumlah SMK di Jawa Tengah. Selanjutnya kami juga ingin bekerja sama dengan Politeknik PU yang berada di bawah Kementerian PUPR," ujarnya.

Didik juga mengungkapkan sebagian besar sumber material PT Indo Karya Beton berasal dari dalam negeri. Nilai TKDN saat ini mencapai 68-70%.

"Kami targetkan dalam waktu dekat dapat mencapai TKDN 100%. Kami juga berharap dapat berpartisipasi dalam proyek infrastruktur nasional serta mendapatkan pembinaan jasa konstruksi," tutur Didik.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...