Hari Kedua di IKN, Jokowi Akan Tinjau Pembangunan Istana Negara

Tia Dwitiani Komalasari
22 September 2023, 08:19
Presiden Joko Widodo menikmati pemandangan Ibu Kota Nusantara dari atas bukit, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (22/9).
Biro Humas Kepresidenan
Presiden Joko Widodo menikmati pemandangan Ibu Kota Nusantara dari atas bukit, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (22/9).

Presiden Joko Widodo melanjutkan kegiatannya pada hari kedua di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat (22/9). Presiden akan meninjau pembangunan infrastruktur IKN, termasuk Kantor Presiden.

Kepala negara mengawali hari dengan mengajak para menteri menikmati pemandangan infrastruktur IKN dari atas bukit.

Presiden Jokowi tampak menikmati udara pagi sambil berjalan ke atas bukit. Dari atas sana, Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang memandang sejumlah insfrastruktur yang tengah dibangun ibu kota baru tersebut, seperti Istana Negara dan Kantor Presiden.

Selain itu, Presiden pun tampak berbincang hangat sambil menunjukkan pemandangan tersebut kepada sejumlah menteri yang mendampinginya saat itu, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Setelahnya, Presiden bersama para menteri kemudian berjalan bersama menuju area makan di tempatnya bermalam untuk makan pagi bersama dengan menu sederhana seperti bubur ayam, nasi uduk, hingga roti bakar.

Jokowi ke IKN
Jokowi menikmati sarapan di IKN (Biro Humas Kepresidenan)

Jadwal Hari Kedua

Pada kunjungan hari keduanya di IKN, Presiden dijadwalkan untuk meninjau Istana Negara serta memasang modul pertama Garuda. Selain itu, Kepala Negara juga akan melakukan peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur yang akan dibangun di IKN.

Pada siang harinya, Presiden akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Pertamina dan Otorita IKN. Kegiatan hari kedua Presiden akan ditutup dengan menyaksikan pagelaran musik bertajuk “Malam Apresiasi Nusantara”.

Kemarin, Presiden Joko Widodo resmi melakukan groundbreaking Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hotel berbintang lima itu dikembangkan oleh konsorsium yang dipimpin Agung Sedayu Group milik pengusaha Sugianto Kusuma alias Aguan.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat mengucapkan terima kasih ke Aguan dan para pengusaha lain yang mau menanamkan modal di IKN. Menurutnya, investasi tersebut jadi tanda ibu kota baru diminati investor.

"Saya mengucapkan terima kasih ke Pak Aguan dan kawan kawan yang hadir," kata Jokowi saat berpidato di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (21/9) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan akan mendahulukan investor dalam negeri masuk ke IKN. Kehadiran konsorsium menurutnya penting untuk menarik pengusaha lainnya mengembangkan ibu kota baru.


Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...