Kepala Otorita Soal HGU Lahan IKN Jadi 190 Tahun: Agar Investor Nyaman

Andi M. Arief
26 September 2023, 12:02
Kepala Otoritas IKN Bambang Susantono dan Pimpinan Redaksi Katadata dalam acara SAFE 2023
Katadata
Kepala Otoritas IKN Bambang Susantono dan Pimpinan Redaksi Katadata dalam acara SAFE 2023

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono, mengatakan revisi Undang-Undang No. 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara akan memberikan kenyamanan bagi investor dan masyarakat sekitar IKN. Revisi UU IKN tersebut salah satunya mengatur tentang Hak Guna Usaha atau HGU lahan IKN jadi 190 tahun.

Untuk diketahui, Komisi II DPR telah sepakat membawa draf revisi UU IKN ke Rapat Paripurna. Bambang mengaku sedang menunggu jadwal pembahasan draf tersebut untuk disetujui di Rapat Paripurna tersebut.

"Tentu ini akan dikomandani oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, karena mereka yang mendapatkan penugasan melalui Surat Presiden," kata Bambang dalam Katadata Sustainability Action for The Future Economy Forum 2023, Selasa (26/9).

Menurutnya, revisi tersebut akan membuat investor dan masyarakat untuk dapat menikmati layanan keberlanjutan di Nusantara. Secara singkat, revisi yang diajukan Bambang merinci dan memasukkan klausul terkait pertanahan. Salah satu klausul yang ditambah terkait panjang kontrak Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB), dan Hak Pengelolaan (HP).

Draf tersebut mengatur panjang kontrak maksimal untuk HGB dan HP adalah 80 tahun. Kedua jenis Hak Atas Tanah atau HAT tersebut diperpanjang hingga 80 tahun. Artinya, investor atau pengusaha dapat memiliki HGU hingga 190 tahun dan hingga 160 tahun untuk HAT dan HP.

"Sebetulnya perpanjangan HGU hingga 190 tahun sama dengan ketentuan Undang-Undang No. 6-2023 tentang Cipta Kerja. Itu sama persis," ujarnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Bidang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kepala Otorita IKN Diani Sadiawati menjelaskan revisi tersebut akan mengubah konsep aset dalam pengelolaan (ADP) IKN. Menurutnya, ADP akan disempurnakan menjadi Barang Milik Otorita atau BMO pada perubahan UU IKN.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...