Siasat Unilever dan Coca-Cola Tekan Emisi Karbon dan Transisi Energi

Muhamad Fajar Riyandanu
26 September 2023, 15:24
unilever, coca-cola, katadata safe 2023
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
Katadata SAFE 2023 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9).

Sejumlah pelaku industri berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon dan mengimplementasikan inisiatif berkelanjutan dalam operasional mereka di tengah tren transisi energi.

Unilever dan Coca Cola termasuk dua perusahaan yang giat meningkatkan aspek keberlanjutan. Mereka melaksanakan beberapa strategi seperti penggunaan energi terbarukan, efisiensi energi, pengurangan emisi transportasi dan logistik, hingga pengelolaan limbah.

Di sisi lain, pelaku industri juga mengharapkan dukungan dan regulasi yang jelas dari pemerintah, serta kolaborasi dengan pemasok dan komunitas untuk mencapai tujuan berkelanjutan perusahaan.

Vice President Public Affairs Communications and Sustainability Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia dan New Guinea, Lucia Karina, mengatakan perusahaan berkomitmen untuk mengaplikasikan 30% penggunaan energi terbarukan dari semua energi yang digunakan oleh Coca-Cola Indonesia pada 2030.

Lucia mengatakan, saat ini perusahaan tengah mengakselerasi target tersebut seiring target penggunaan energi terbarukan yang baru sekitar 7% hingga akhir 2023.

"Kami masih bergantung dengan PLN, dan pembangkit listrik batu bara masih menjadi pemain utama," kata Lucia saat menjadi pembicara di Katadata Sustainable Action for Future Economy (SAFE) 2023 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...