Pemerintah Lelang Bandara VVIP IKN Rp 4,28 Triliun

Dini Pramita
1 Oktober 2023, 08:22
Presiden Joko Widodo menikmati pemandangan Ibu Kota Nusantara (IKN) dari atas bukit, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (22/9).
Biro Humas Kepresidenan
Presiden Joko Widodo menikmati pemandangan Ibu Kota Nusantara (IKN) dari atas bukit, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (22/9).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka tender untuk pembangunan bandara very very important person (VVIP) Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan nilai pagu paket sebesar Rp 4,286 triliun dengan anggaran bersumber dari APBN tahun anggaran 2023. Pengumuman tender ini ditayangkan pada laman resmi lpse.pu.go.id pada Jumat (29/9) kemarin.

Paket pengerjaan konstruksi fisik itu memiliki batas pendaftaran 9 Oktober 2023 dengan target penandatanganan kontrak pada 14 November 2023 sebelum masuk proses konstruksi. Adapun pengumuman pemenang ditargetkan pada 7 November 2023.

Dalam uraian singkat paket disebutkan pekerjaan ini merupakan pembangunan Bandara VVIP (sisi landasan udara) dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas tamu penting (VVIP) dari dan menuju kawasan IKN melalui transportasi udara. Lokasi paket pengerjaan berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Sinyal-sinyal untuk mempercepat pembangunan bandara VVIP disampaikan Presiden Joko Widodo saat mengunjungi IKN pada 23 September 2023. "Maksimal awal Agustus 2024 (bandara VVIP) itu sudah bisa diselesaikan karena ini merupakan kunci. Kalau ini selesai, saya meyakini investor akan lebih berbondong lagi menanamkan investasi di IKN," kata dia.

Saat itu Jokowi menjelaskan, waktu tempuh antara bandara VVIP dengan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN hanya sekitar 15 menit. Bandara ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan. Sedangkan dari Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimatan Timur, berjarak sekitar 107 km.

Sebelumnya, pada 18 Agustus 2023 Kementerian PUPR mengadakan tender pembangunan jalan bebas hambatan IKN segmen Jembatan Pulau Balang-Sp. Riko dengan nilai tender sebesar Rp 3,6 triliun. Proses tender untuk paket pembangunan jalan bebas hambatan ini memasuki tahapan Pembukaan dan Evaluasi Penawaran File I: Administrasi dan Teknis.

Pengumuman pemenang dari 83 peserta tender ditargetkan pada 6 Oktober 2023 dan penandatanganan kontrak pada 13 Oktober 2023. Jalan bebas hambatan yang memiliki panjang 13,275 km ini kelak akan tersambung dengan bandara VVIP.

Paket pembangunan ini terdiri dari pembangunan jalan, pembangunan jembatan, dan elevated pile slab. Adapun panjang jalan yang akan dibangun dengan menggunakan dana APBN 2023-2024 tersebut sejauh 11,7 km dan panjang jembatan 0,475 km.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...