Bandara VVIP IKN Berkonsep Bangunan Hijau, Anggaran Rp 4,2 Triliun

Andi M. Arief
4 Oktober 2023, 20:25
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi lokasi Bandara VVIP IKN, Kalimantan Timur, Rabu (4/10).
Humas Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi lokasi Bandara VVIP IKN, Kalimantan Timur, Rabu (4/10).

Pemerintah akan membangun Bandara very very important person atau VVIP di Ibu Kota Nusantara dengan konsep bangunan hijau. Salah satu konsep yang akan diterapkan arsitek bangunan tersebut adalah atap yang terbuka untuk mengurangi konsumsi energi.

Salah satu arsitek proyek tersebut, Adi Purnomo, mengatakan desain Bandara VVIP IKN akan berorientasi alam. Menurutnya, bangunan terminal akan dibagun senatural mungkin dan mengadaptasi alam sekitar.

"Bangunan terminal menyerupai rumah panjang khas Kalimantan dengan atap yang terbuka sehingga angin dan cahaya bisa masuk ke dalam," kata Purnomo dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu (4/10).

Untuk diketahui, Bandara VVIP IKN umumnya digunakan saat tamu kenegaraan berkunjung ke dalam negeri. Berbeda dengan bandara pada umumnya, Bandara VVIP biasanya akan menerobos beberapa langkah imigrasi saat tamu kenegaraan mendarat di dalam negeri.

Selain Purnomo, arsitek lain yang akan terlibat dalam merancang Bandara VVIP IKN adalah Yori Antar dan Reza Wahjudi. Adapun, ketiga arsitek tersebut telah mengunjungi lokasi Bandara VVIP IKN secara langsung bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemarin, Selasa (3/10).

Budi mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk observasi dan memastikan keselarasan desain Bandara VVIP IKN dengan konsep besar pembangunan IKN. Maka dari itu, Budi mendorong para arsitek untuk membangun Bandara VVIP IKN berorientasi alam.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...