Dua UMKM Binaan BNI Curi Perhatian Jokowi pada Inacraft 2023

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
6 Oktober 2023, 22:05
BNI
BNI

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) turut berpartisipasi pada The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) on October 2023. BNI mengikutsertakan beberapa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan BNI Xpora.

Mahorahora Bumi Nusantara (Mahorahora) dan Ganesha Abaditama adalah dua UMKM yang secara khusus mendapat kunjungan dari Presiden Joko Widodo yang juga hadir pada acara tersebut.

“Kunjungan Presiden ke dua UMKM binaan BNI Xpora merupakan penghargaan tertinggi. Dan, akan menjadi penyemangat bagi BNI, sekaligus UMKM binaan lainnya untuk terus mengembangkan kapasitas dan kapabilitasnya agar mampu go global,” kata Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam siaran pers, Jumat (6/10).

Mahorahora merupakan perusahaan penghasil gula aren yang berfokus pada pemberdayaan petani dan masyarakat. Untuk menghasilkan aren berkualitas tinggi, Mahorahora bermitra dengan para petani di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jawa Barat. Mahorahora telah melakukan ekspor produknya ke Singapura dan Selandia Baru.

Selama menjadi UMKM binaan BNI Xpora, Mahorahora sempat mengikuti food expo di Hong Kong dan Korea Selatan. Dari dua pameran tersebut, Mahorahora bertemu dengan beberapa buyer yang tertarik pada produk gula aren.

Sementara itu, Ganesha Abaditama yang berbasis di Cipayung, Jakarta Timur, merupakan penyuplai rempah dan bumbu untuk supermarket dan bisnis kuliner. Seperti halnya Mahorahora, Ganesha Abaditama juga sempat mengikuti food expo di Hong Kong dan Korea Selatan.

Benefit lainnya yang didapat oleh perusahaan ini yaitu pelatihan dan pendampingan ekspor, serta kesempatan mengikuti business matching dengan Lotte Group Korea Selatan. Saat ini perusahaan telah melakukan pengiriman produk ke Cina dan dalam proses negoisasi dengan buyer di Selandia Baru.

Saat ini Mahorahora menggunakan layanan Taplus Bisnis, BNI Direct, dan Payroll BNI untuk pembayaran gaji karyawan dan petani binaannya. Sementara itu, dalam menjalankan operasional bisnisnya, Ganesha Abaditama memanfaatkan BNI Direct, rekening Taplus Bisnis, serta mendapatkan Kredit Usaha Rakyat dari BNI.

Royke berharap, dengan menjadi binaan BNI Xpora, UMKM mendapatkan potensi market baru di berbagai negara.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...