Pemerintah Impor Jagung 250 Ribu Ton untuk Tekan Harga Pakan Ternak

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Oktober 2023, 19:26
Petani memanen jagung di Kedungguwo, Sukomoro, Magetan, Jawa Timur, Kamis (5/10/2023).
ANTARA FOTO/Siswowidodo/tom.
Petani memanen jagung di Kedungguwo, Sukomoro, Magetan, Jawa Timur, Kamis (5/10/2023).

Kementerian Perdagangan berencana mengimpor 250 ribu ton jagung yang akan menjadi bahan pangan ternak dalam waktu dekat. Keputusan tersebut dianggap mendesak untuk menekan harga pakan ternak yang kian meroket.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan harga jagung di level peternak berangsur naik, sehingga diperlukan langkah untuk mengimpor jagung industri. Kenaikan pakan ternak dikhawatirkan mengerek harga komoditas hewani seperti daging dan telur ayam serta daging sapi.

"Harga jagung berangsur-angsur naik di tempat peternak. Oleh karena itu ditambah untuk impor jagung industri, ditambah 250 ribu ton untuk industri pakan ternak," kata Zulhas kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (9/10). 

Keputusan tersebut merupakan salah satu topik yang dibahas di dalam rapat terbatas (ratas) kabinet terkait pangan. Sejumlah pejabat yang terpantau hadir yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan hingga Kepala Badan Pangan Nasional sekaligus pelaksana tugas (Plt) Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi.

Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi menjelaskan pemerintah bakal mengimpor jagung dalam dua kloter dengan masing-masing seberat 250 ribu ton.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...