Indonesia Bakal Terima Impor Beras 600 Ribu Ton pada Akhir 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Oktober 2023, 18:43
Impor beras tiba di Tanjung Priok, Jakarta.
Dokumentasi Humas Bulog
Impor beras tiba di Tanjung Priok, Jakarta.

Pemerintah mengunci pengiriman impor beras sebanyak 600 ribu ton hingga 31 Desember 2023. Angka itu setara 40% dari jumlah tambahan impor beras sejumlah 1,5 juta ton pada akhir tahun ini.

Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pertanian sekaligus Kepada Badan Nasional, Arief Prasetyo Adi, mengatakan bahwa Indonesia telah meneken kontrak pembelian beras kepada Kamboja, Vietnam dan Thailand. "Sebanyak 600 ribu ton harus masuk 31 Desember," kata Arief kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (9/10).

Arief mengatakan mayoritas beras impor akan datang dari Vietnam dan Thailand. Adapun beras dari Kamboja yang bakal masuk hingga akhir tahun diprediksi sekitar 10 ribu ton. "Kamboja hanya 10 ribu ton, yang lainnya sekitar 1 juta-an itu dari Vietnam dan Thailand," ujar Arief.

Thailand dan Vietnam merupakan dua negara importir beras terbanyak bagi Indonesia. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), impor beras ke Indonesia selama Januari-Agustus 2023 mencapai 1,59 juta ton.

Impor beras mayoritas berasal dari Thailand, yakni mencapai 802 ribu ton atau berkontribusi 50,36% dari total impor beras. Sedangkan Vietnam menempati urutan kedua lewat volume impor 674 ribu ton atau 42,33% dari total volume impor.

Lebih lanjut, kata Arief, pemerintah masih mengupayakan untuk menuntaskan tambahan impor beras sejumlah 1,5 juta ton hingga akhir tahun. Kendati demikian, dia tidak memberikan kepastian kapan pengiriman impor tambahan beras tersebut dapat masuk ke Indonesia. "Kalau misalnya bisa lebih cepat, lebih baik ya. Tapi juga harus dipikirkan proses bongkarnya. Jadi 27 ribu ton, satu kapal, itu bongkarnya enam hari," ujar Arief.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...