Tambah 1,5 Juta Ton Beras Impor, Plt Mentan: Semua Izin Sudah Selesai

Andi M. Arief
9 Oktober 2023, 15:19
Buruh pelabuhan membongkar beras impor asal Thailand dari kapal kargo berbendera Vietnam di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jumat (25/8/2023).
ANTARA FOTO/Ampelsa/foc.
Buruh pelabuhan membongkar beras impor asal Thailand dari kapal kargo berbendera Vietnam di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jumat (25/8/2023).

Perizinan penambahan beras impor sebanyak 1,5 juta ton telah tuntas. Total kuota impor yang diterbitkan pemerintah sepanjang 2023 mencapai 3,8 juta ton.

"Semua izin impor sudah siap, tinggal melakukan percepatan untuk penawaran di Perum Bulog," kata Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi di depan Gedung A Kementerian Pertanian, Senin (9/10).

Arief mencatat beberapa izin impor yang sudah selesai diterbitkan adalah Rekomendasi Impor Produk Hortikultura dari Kementerian Pertanian dan Perizinan Impor dari Kementerian Perdagangan.

Mayoritas sumber beras impor tersebut bukan dari Cina, tapi dari Vietnam dan Thailand. Namun, Arief tidak menjelaskan lebih lanjut volume impor beras dari masing-masing negara.

Impor beras yang dilakukan pada akhir 2023 merupakan keadaan darurat dalam rangka menambah pasokan beras pemerintah. Berdasarkan paparan Badan Pangan Nasional (Bapenas/NFA), cadangan beras pemerintah atau CBP per 6 Oktober 2023 mencapai 1,63 juta ton.

Namun, CBP yang benar-benar ada di dalam negeri hanya 794.558 ton lantaran sebanyak 836.937 ton masih dalam perjalanan.

Total kuota impor beras pada tahun ini mencapai 2,3 juta ton dengan rincian 2 juta ton merupakan kuota baru dan 300 ribu ton sisa kuota impor 2022. Dari total kuota tersebut, realisasi impor beras hingga 6 Oktober 2023 mencapai 1,12 juta ton, sedangkan 875.304 ton masih dalam perjalanan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...