Mendagri Ungkap Alasan Pecat Pj Walikota Cimahi: Gegara Harga Cabai

Andi M. Arief
16 Oktober 2023, 15:22
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, tito, cimahi, inflasi
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) mengungkap alasan pemerintah memberhentikan Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkap pertimbangan pemerintah memberhentikan Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan. Didik dianggap tidak serius mengendalikan inflasi, khususnya terkait harga cabai.

Tito mencatat, Cimahi konsisten masuk dalam peringkat 10 besar kabupaten/kota dengan inflasi tertinggi pada Mei-Juli 2023 di Pulau Jawa. Salah satunya penyebabnya adalah harga cabai yang naik meski kota itu sebenarnya dikelilingi oleh produsen cabai.

Harga cabai di Cimahi pun tak kunjung turun di saat harga komoditas tersebut turun di daerah sekitarnya. "Saya evaluasi, saya lihat bahwa kemampuan menangani inflasi di Cimahi tidak serius," kata Tito di Kompleks Kementerian Pertanian, Senin (16/10).

Pencopotan Didik sebagai Pj Walikota Cimahi telah diumumkan Tito pada awal pekan lalu, Senin (9/10). Ia berencana mencabut jabatan Didik secara resmi pada akhir pekan ini, Minggu (22/10).

Tito mengakui beberapa daerah sempat mencatatkan inflasi yang tinggi. Namun, kenaikan harga pangan di daerah tersebut berhasil ditekan setelah muncul surat teguran. Hal tersebut yang tak terjadi di kota Cimahi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...