NTB jadi Satu-satuanya Provinsi yang Swasembada Beras

Andi M. Arief
18 Oktober 2023, 17:13
harga beras, NTB, swasembada beras
ANTARA FOTO/Fauzan/Spt.
Ilustrasi. NTB merupakan salah satu daerah produsen beras.

Perum Bulog mengumumkan hampir seluruh provinsi telah menerima beras impor pada tahun ini. Satu-satunya provinsi yang masih mandiri atau swasembada beras adalah Nusa Tenggara Barat.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas mengatakan, NTB merupakan salah satu daerah produsen beras. Provinsi tersebut tidak mendapatkan beras dari luar wilayahnya, termasuk beras impor. 

"Saya bersyukur bahwa NTB tidak kemasukan beras dari luar wilayahnya apalagi impor. Satu-satunya wilayah di Indonesia yang tidak kemasukan beras impor, hanya NTB," kata Budi di kantornya, Rabu (18/10).

Badan Pusat Statistik memproyeksikan, produksi beras di NTB mencapai 1,54 juta ton pada tahun ini, naik 6,46% dibandingkan tahun lalu 1,45 juta ton.

Buwas menilai, produksi beras domestik dalam kondisi miris pada tahun ini. Hal tersebut ditunjukkan dari masuknya beras impor ke Sulawesi Selatan yang selama ini menjadi barometer produksi beras di dalam negeri. Sulawesi Selatan selama ini merupakan daerah yang memasok kebutuhan daerah lain di penjuru negeri.

Berdasarkan proyeksi BPS, produksi beras di Sulawesi Selatan tahun ini mencapai 4,94 juta ton. Angka tersebut lebih rendah 417.072 ton atau 7,78% dari capaian 2022 sejumlah 5,36 juta ton.

Buwas menegaskan, masuknya beras impor ke kawasan Angin Mamiri disebabkan oleh defisitnya neraca beras di sekitar provinsi tersebut. Menurutnya, pemenuhan beras di provinsi sekitarnya membuat neraca beras Sulawesi Selatan defisit.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...