Jokowi Sebut Bansos Beras hingga Akhir Tahun Bila Dana APBN Cukup

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Mei 2024, 16:44
Warga penerima manfaat mengambil beras saat penyaluran bantuan sosial (Bansos) pangan cadangan beras pemerintah di Kantor Pos Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/2/2024).
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/YU
Warga penerima manfaat mengambil beras saat penyaluran bantuan sosial (Bansos) pangan cadangan beras pemerintah di Kantor Pos Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan distribusi beras 10 kilogram (kg) per keluarga akan terus berlanjut hingga Juni. Pemerintah berencana memperpanjang bantuan sosial atau bansos beras hingga Desember, tapi tergantung ketersediaan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN).

"Kita berdoa bersama supaya bisa terus sampai Desember," kata Jokowi saat penyaluran bantuan cadangan pangan di Kompleks Pergudangan Bulog Laende Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dalam siaran pers pada Senin (13/5).

Kunjungan kerja kali ini adalah bagian dari pengecekan rutin untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas pasokan pangan nasional, sekaligus penyaluran bantuan cadangan pangan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Jokowi menjelaskan inisiatif pemberian bansos beras ini merupakan respons terhadap kenaikan harga beras yang terjadi akibat inflasi pangan global. "Karena harga pangan internasional itu semuanya juga naik dan kita ini termasuk masih rendah, ada yang naik tinggi sekali," ujarnya.

Presiden mengatakan menjaga harga beras di Indonesia bukan tugas yang mudah. Pemerintah perlu mempertimbangkan kesejahteraan petani dan keterjangkauan bagi konsumen. "Kalau harga tinggi, masyarakat pasti mengeluh, tetapi petani pasti senang karena harganya naik tinggi," kata Jokowi.

Jokowi juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pasar Rakyat Kambara, Kabupaten Muna Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan kestabilan harga serta stok kebutuhan pokok di daerah tersebut.

Berdasarkan pantauannya, Jokowi menyebut secara umum harga di Pasar Kambara stabil dan baik. Dia mengatakan beras medium berada pada harga Rp 12.600 per kg, sedangkan beras premium Rp 13.000 per kg. "Kemudian cabai rawit merah di harga Rp 55 ribu, bawang merah Rp 50 ribu, dan yang lain-lainnya saya kira harga di sini baik," ujar Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, Plt. Bupati Muna Bahrun, dan Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...