Kejar Swasembada Beras, Pemerintah Tanam Padi di Lahan Rawa 1,5 Ha

Andi M. Arief
1 November 2023, 11:01
beras, swasembada beras, padi, pertanian
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Petani merontokkan bulir padi saat panen di area persawahan Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/10/2023). Kementerian Pertanian menargetkan produksi beras dalam negeri mencapai 55,42 juta ton pada 2024 dan jumlah ini naik dibandingkan target 2023 yang sejumlah 54,5 juta ton.

Kementerian Pertanian menargetkan penambahan lahan sawah seluas 1,5 juta hektare dari optimalisasi lahan rawa pada tahun ini. Hal tersebut dinilai dapat menjadi solusi peningkatan produksi pangan nasional.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, penggunaan lahan rawan dapat meningkatkan Indeks Pertanaman atau IP menjadi 4.0 pada tahun depan. Untuk diketahui, IP adalah indeks yang menunjukkan jumlah musim tanam dalam sebidang lahan.

"Tahun 2017 sudah swasembada, tahun 2019 swasembada, tahun 2020 swasembada. Berarti kita bisa. Nanti kita siapkan semuanya mulai dari pupuk sampai mekanisasi," kata Amran dalam keterangan resmi, Rabu (1/11).

Amran berkomitmen untuk memastikan ketersediaan pupuk, benih, dan peralatan pertanian pada musim tanam Oktober-November 2023. Amran menekankan pentingnya ketersediaan alat dan mesin pertanian untuk mempercepat panen di dalam negeri.

Direktorat Serealia Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Rachmat mengatakan, percepatan masa tanam dapat dilakukan lantaran sebagian daerah mulai diguyur hujan. Pemerintah telah menyiapkan bibit varietas unggul untuk menggenjot produksi pangan.

Rachmat mengatakan, varietas bibit unggul tersebut akan disebar sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah. Ia menyebutkan, peningkatan IP di sebagian daerah dapat dilakukan dengan penyiapan infrastruktur.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...