Memasuki Musim Hujan, Ini Antisipasi Kereta Cepat Whoosh

Image title
11 November 2023, 17:57
kereta cepat
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Ilustrasi, warga berfoto di depan kereta cepat setibanya di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

Indonesia mulai memasuki musim hujan, terlihat dari perkiraan BMKG yang menyebutkan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan melanda mayoritas kota-kota besar di Indonesia.

Mulai datangnya musim penghujan ini, juga menjadi ajang pembuktian Kereta Cepat Whoosh yang akan pertama kali menghadapi cuaca buruk dalam perjalannya. Sebelumnya, pengalaman menghadapi hujan kereta cepat yang baru diresmikan pada 1 Oktober lalu ini, baru sebatas uji coba pada November 2022 lalu.

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China Eva Chairunisa mengatakan, perusahaan telah mengantisipasi datangnya musim hujan dengan mempersiapkan berbagai instrumen untuk melindungi kereta cepat dari bahaya.

Beberapa instrumen yang dimaksud, antara lain Disaster Monitoring Center, sensor pendeteksi ancaman keselamatan seperti benda asing di sepanjang trase, dan Disaster Monitoring Terminal di Tegalluar sebagai pusat pengelolaan data kebencanaan.

"KCIC juga memiliki pusat pengelolaan data yang dilengkapi dengan perangkat canggih untuk memantau dan mengelola semua aspek keamanan. Ini adalah komitmen kami untuk memberikan kontrol yang ketat atas situasi apapun yang mungkin terjadi," kata Eva dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (11/11).

Ia menambahkan, kereta cepat telah didesain untuk mampu beroperasi optimal di negara empat musim maupun dua musim melalui sensor-sensor terkait hujan dan petir yang terpasang. Konstruksi maupun KCIC400AF juga telah disesuaikan dengan kondisi iklim tropis yang ada di Indonesia.

Untuk mendeteksi ancaman dari hujan, KCIC memasang sensor setiap 20 km di sepanjang trase, yang akan mengirim data terkait intensitas hujan ke pusat kendali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...