Buruh Gelar Mogok Nasional, Kawasan Industri Bekasi Rawan Lumpuh Total

Agustiyanti
30 November 2023, 09:36
Presiden Partai Buruh Said Iqbal (tengah) berorasi saat pembukaan Rakernas Partai Buruh di Jakarta, Sabtu (14/1/2023). Partai Buruh menargetkan dapat lolos parliamentary threshold atau ambang batas parlemen sebesar minimal empat persen pada Pemilu 2024.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Presiden Partai Buruh Said Iqbal

Ratusan ribu buruh akan menggelar mogok nasional di kota-kota industri yang ada di seluruh Indonesia pada hari ini, Kamis (30/11) mulai pukul 09.00 waktu setempat. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI menyebut, kawasan industri yang ada di Bekasi berpotensi lumpuh total. 

"Di Kabupaten Bekasi, sekitar 500 ribu buruh keluar dari pabrik. Jangan datang jam 09.00, itu sudah lumpuh total," ujar Said Iqbal dalam konferensi pers, Rabu (29/11). 

Advertisement

Ia menjelaskan, para buruh akan menggelar aksi unjuk rasa ini di lokasi kawasan-kawasan industri. Selain di Bekasi, buruh juga akan menggelar aksi di kawasan industri yang ada di Bandung Raya, Surabaya, Banten, Jawa Tengah, Makassar, Banjarmasin, dan beberapa daerah lainnya. 

"Buruh yang berada di Bandung Raya, sebagian akan berkumpul di Balai Kota. Tapi sebagian besar akan berunjuk rasa di dalam kawasan industri," kata dia. 

Ia mengatakan, aksi mogok nasional yang digelar hari ini adalah awalan. Oleh karena itu, menurut dia, jumlah buruh yang berpartisipasi belum akan mencapai sekitar 5 juta buruh seperti yang sempat disampaikannya saat menjelaskan rencana mogok nasional buruh. 

"Ini adalah mogok nasional awal. Nanti akan kami lihat seperti apa keputusan para gubernur. Kalau tidak sesuai, mungkin mogok nasional akan berlanjut besok," kata dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement