Tiktok Shop Beroperasi Lagi Mulai 12 Desember, Ini Peringatan Kemendag

Andi M. Arief
11 Desember 2023, 13:43
tiktok, tokopedia, tiktok shop
Katadata
TikTok Shop akan kembali beroperasi di Indonesia melalui kerja sama dengan Tokopedia.

Kementerian Perdagangan menilai fitur belanja di TikTok atau TikTok Shop dapat kembali berfungsi besok, Selasa (12/12). Namun pemerintah menekankan fitur transaksi tidak boleh langsung dilakukan di TikTok.

TikTok bekerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk untuk mengoperasikan fitur TikTok Shop. Kerja sama tersebut akan menyerahkan pengoperasian fitur belanja dalam TikTok di Indonesia atau TikTok Shop kepada PT Tokopedia.

Advertisement

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan, kerja sama tersebut telah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023. Isy menegaskan, TikTok Shop saat ini hanya berfungsi sebagai social commerce dan tidak menyediakan fitur transaksi.

"Kalau social commerce mau ada transaksi, harus ada kerja sama yang sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023. Namun kalau ada transaksi langsung, di TikTok Shop kami sanksi nanti," kata Isy kepada Katadata.co.id, Senin (11/12).

Isy mengaku belum menerima rincian kerja sama antara Tiktok dan Tokopedia. Implementasi kerja sama tersebut memang tidak mewajibkan pemberitahuan kepada pemerintah. Meski demikian, Kementerian Perdagangan berencana untuk mendalami detil kerja sama antara TikTok dan Tokopedia tersebut. "Setelah kerja sama antara TikTok dan Tokopedia beroperasi, kami akan pelajari lagi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement