Bos Mayapada Dato Sri Tahir Ungkap 2 Potensi Ekonomi Baru di Indonesia

Yura Syahrul
14 Desember 2023, 00:18
dato sri tahir
Katadata
dato sri tahir

Founder & CEO Mayapada Group, Dato Sri Tahir, melihat besarnya potensi yang dimiliki oleh sektor pertanian hingga perikanan di Indonesia. Dua sektor tersebut dapat menjadi penopang baru untuk menggenjot perekonomian nasional.

Sayangnya, dia menilai banyak komoditas pangan yang masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Penyebabnya ada banyak faktor, mulai dari ekosistem bisnis yang kurang menunjang hingga tak efektifnya jalan produksi atau strategi bisnis yang dijalankan.

Dato Sri mendorong pemerintah membuka kesempatan kepada sektor pertanian dan sektor perikanan berkembang secara bisnis. Dengan begitu, kedua sektor itu dapat menjadi sebuah lapangan yang menarik digarap oleh pengusaha domestik.

“Industri ini (pertanian dan perikanan) seharusnya didorong oleh pemerintah, berikan pengusaha jalan untuk masuk ke dalamnya. Its very good actualy,” katanya dalam acara diskusi bertajuk “A Day with Dato Sri Tahir: Mimpi Sang Filantrofis Indonesia, di Jakarta, Selasa (12/12).

Ia menambahkan pemerintah perlu menaruh perhatian secara khusus karena besarnya potensi kedua sektor itu, baik dari segi ekonomi maupun ketahanan pangan dalam negeri.

Dato Sri pun menitipkan harapan kepada pemerintahan selanjutnya. “Mudah-mudahan nanti pemerintah yang baru mencari menteri yang dapat memaksimalkan potensi yang telah diberikan Tuhan untuk Indonesia. Hadirkan grand plan atau five years plan untuk Indonesia,” katanya.

Di sisi lain, dia mengingatkan para pengusaha bahwa semua hal itu membutuhkan proses, termasuk membangun bisnis di sektor pertanian dan pertanian. “Pengusaha kita ini mau cepet, hari ini gua masuk, hari ini gua kaya. Selanjutnya diperparah dengan sikap latah. Semua dikejar,” katanya.

Semua pihak saat ini seharusnya berpikir untuk mencari jalan agar kedua sektor tersebut bisa dinikmati, tak hanya nilai konsumsinya namun juga nilai produktifnya oleh masyarakat.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi

Dalam kesempatan yang sama, Dato Sri menyatakan sejumlah langkah yang bisa dilakukan pemerintah untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Halaman:
Editor: Redaksi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...