Jokowi Groundbreaking RS Mayapada di IKN, Investasinya Rp 500 Miliar

Muhamad Fajar Riyandanu
1 November 2023, 13:35
ikn, jokowi, rs mayapada
Antara
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking RS Mayapada di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking proyek Rumah Sakit (RS) Mayapada Hospital Internasional di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (1/11). Rumah sakit itu merupakan proyek investasi Mayapada Group.

Jokowi mengatakan rumah sakit itu dapat beroperasi pada semester II 2024. Nantinya RS tersebut siap memberikan pelayanan ibu dan anak, operasi, dan penanganan gawat darurat seperti jantung, stroke hingga bedah ortopedi.

"Ini adalah RS kedua yang akan dibangun di IKN ," kata Jokowi saat memberikan sambutan Groundbreaking Mayapada Hospital Nusantara, disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi yakin rumah sakit ini bakal memberikan pelayanan yang baik karena bekerja sama dengan Apollo Hospital dari India. Keberadaan rumah sakit tersebut juga diharap bisa menekan jumlah WNI yang berobat ke luar negeri.

Menurut Jokowi, jutaan WNI yang berobat ke luar negeri mengakibatkan larinya uang Rp 100 triliun per tahun dari Indonesia. "Seingat saya hampir 2 juta masyarakat kita kalau sakit itu pergi ke luar negeri," ujar Jokowi.

Rumah Sakit Mayapada Hospital Internasional akan memiliki 20% lahan hijau dari total luas lahannya. Selain itu, fasilitas kesehatan milik swasta ini juga bakal dilengkapi dengan kebum pemulihan atau healing garden.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...