Investor Cina akan Bangun Hunian 60 Tower di IKN

Agustiyanti
29 Desember 2023, 15:39
IKN, pembangunan IKN
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Proyek pembangunan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). Progres pembangunan IKN menurut Kementerian PUPR sudah mencapai 29,87 persen hingga 4 Juni 2023 dan pembangunan ini menggunakan anggaran dari total pagu tahun 2023 sebesar Rp 26,67 triliun.

Otorita Ibu Kota Negara atau IKN menyebut investor Cina, Citic Construction berminat membangun hunian wilayah Nusantara. Total akan terdapat 60 menara atau tower yang akan dibangun untuk ASN dari Kementerian Pertahanan dan aparat keamanan lainnya. 

"Cina ada satu perusahaan yang ingin membangun hunian, tapi mereka rencananya paling banyak membangun hunian, 60 tower," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono, Jumat (29/12). 

Ia menjelaskan, investor Cina sudah menyelesaikan feasibility study atau uji kelayakan. Hasil FS tersebut tengah dievaluasi oleh konsultan independen yang berada di bawah arahan langsung Kementerian Keuangan. 

"Evaluasi konsultan independen ini menggunakan skema project development facility untuk melihat apakah studi kelayakan ini bisa lanjut ke proses tender," ujar dia. 

Fasilitas Penyiapan Proyek atau Project Development Facility (PDF) adalah fasilitas yang disediakan oleh Kementerian Keuangan untuk membantu penanggung jawab proyek kerja sama atau PJPK menyusun kajian akhir prastudi kelayakan, dokumen lelang. Skema ini juga mencakup pendampingan PJPK dalam transaksi proyek KPBU hingga memperoleh pembiayaan dari lembaga pembiayaan (financial close).

"Cina paling duluan karena sudah mulai sejak akhir 2022," kata dia. 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...