Kronologi Kecelakaan Kereta KA Turangga dan KRL Bandung di Cicalengka

Agustiyanti
5 Januari 2024, 13:41
ka turangga, kecelakaan kereta api, kecelakaan kereta di cicalengka
Antara
Kereta Api Turangga tabrakan dengan Kereta Api Commuterline Bandung Raya di Cicalengka Kabupaten Bandung, Jumat (5/1).
Button AI Summarize

Tabrakan kereta api terjadi antara KA Turangga dengan KA Lokal Bandung di jalur petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kecelakaan tersebut sejauh ini menewaskan empat orang, termasuk masinis KA Bandung Raya. 

Manajer Humas KAI Daop 2 Ayep mengatakan, tabrakan antara kedua kereta terjadi pukul 06.03 WIB di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700.  “Kejadian pukul 06.03 WIB adu banteng antara KA Turangga dengan Kereta Lokal" kata Ayep, seperti dikutip dari Antara, Jumat (5/1).  

Tim Badan Search And Rescue Nasional atau Basarnas Bandung langsung diterjunkan untuk mengevakuasi korban kecelakaan. "Tim melaksanakan evakuasi dengan menggunakan alat ekstraksi," katanya.  

Ia menuturkan Basarnas Bandung melakukan proses evakuasi dengan melibatkan banyak unsur termasuk dari PT KAI untuk mempercepat proses evakuasi dan pendataan jumlah korban dalam kejadian tersebut.   Tim yang diterjunkan ke lapangan, dibagi menjadi dua tim yakni bertugas di lapangan untuk melakukan evakuasi dan yang satu lagi tim bertugas pendataan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka.

Adapun berdasarkan data terakhir hingga siang ini, terdapat empat orang meninggal dan 28 orang terluka. Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, korban kecelakaan yang terluka sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka dan fasilitas kesehatan yang lain supaya bisa mendapat pertolongan medis yang dibutuhkan.​​​​​​​

"Korban yang luka tersebut sudah dievakuasi ke rumah sakit, RSUD Cicalengka, dan juga beberapa puskesmas," katanya.

Ia menjelaskan, dua jenazah sudah dibawa ke RSUD Cicalengka, sedangkan dua korban lainnya masih dievakuasi karena terjebak di gerbong kereta. Keempatnya merupakan pegawai PT KAI, bukan penumpang kereta api.

"Untuk yang korban meninggal, ini baru dua yang dievakuasi, yaitu masinis dan asisten masinis KA Lokal Bandung, dua pegawai KAI lainnya belum bisa diidentifikasi" katanya.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus memastikan 478 penumpang kereta yang mengalami kecelakaan selamat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...