Tak Hanya Cina, Ada Investasi Eropa di Proyek Hilirisasi Nikel RI

Mela Syaharani
10 Januari 2024, 16:31
nikel, hilirisasi, investasi, eropa, cina
ANTARA FOTO/jojon/Spt.
Foto udara smelter milik PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28/7/2023).
Button AI Summarize

Peneliti di The Prakarsa, Ricko Nurmansyah mengatakan aliran pembiayaan industri nikel tidak hanya datang dari modal asal Cina. Ricko menyebut pembiayaan juga berasal dari lembaga keuangan Eropa.

“Aliran keuangan pembiayaan dan investasi pada sektor hulu nikel masih didominasi modal asal Cina. Meski begitu lembaga keuangan asal Eropa juga turut andil dalam pembiayaan aktivitas pertambangan nikel termasuk pembiayaan pada PLTU batu bara aktif,” kata Ricko dalam diskusi publik di Jakarta pada Selasa (9/1).

Pembiayaan ini terwujud dalam tiga bentuk. Pertama pembiayaan melalui pinjaman, obligasi, dan equity financing. Kucuran dana ini akan dimanfaatkan untuk tambang, smelter, hingga pembangkit listrik captive tenaga batu bara.

“Kami petakan institusi dari bank Eropa yang juga berkontribusi dalam pembiayaan. Mulai dari HSBC, ING bank, Santander, dan lain sebagainya. Artinya investasi selain dari Cina juga masuk dari Eropa,” ucapnya.

Tidak hanya nama-nama yang disebutkan, dalam hasil penelitiannya, Ricko menemukan bahwa paling tidak ada 18 institusi Eropa yang melakukan pembiayaan. Dalam daftar tersebut, pembiayaan terbesar dilakukan oleh HSBC dengan jumlah US$ 1,09 miliar.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...