El Nino Diprediksi Geser Tren Permintaan dan Harga Pupuk

Tia Dwitiani Komalasari
13 Januari 2024, 12:00
Pekerja mengoperasikan alat berat untuk memindahkan karung pupuk urea bersubsidi usai pengantongan terakhir produksi pupuk tahun 2023 dan pengantongan perdana produksi pupuk tahun 2024 di pabrik pengantongan PT Pusri di Palembang, Sumatra Selatan, Minggu
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/YU
Pekerja mengoperasikan alat berat untuk memindahkan karung pupuk urea bersubsidi usai pengantongan terakhir produksi pupuk tahun 2023 dan pengantongan perdana produksi pupuk tahun 2024 di pabrik pengantongan PT Pusri di Palembang, Sumatra Selatan, Minggu (24/12/2023). Pada tahun 2023 produksi pabrik eksiting PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang mencapai 2.010.400 ton urea, 1.333.312 ton amoniak, dan 327.000 ton NPK.
Button AI Summarize

Pergeseran musim tanam yang disebabkan oleh El Nino akan mempengaruhi tren permintaan dan stabilitas harga pupuk. Oleh sebab itu, Pupuk Indonesia melakukan berbagai upaya untuk memastikan distribusi pupuk bersubsidi terpenuhi. 

"Tahun ini, kami akan terus menjalankan mandat dari pemerintah yakni membantu petani dengan penyediaan pupuk, menjaga ketahanan pangan, dan sambil terus melakukan transformasi bisnis yang lebih rendah karbon dan berkelanjutan," kata Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi, Sabtu (13/1).

Rahmad mengatakan, Pupuk Indonesia juga akan terus menggalakkan berbagai program yang dapat memacu produktivitas pertanian Tanah Air. Salah satunya melalui program Gebyar Diskon Pupuk.

Lewat program ini, kami berharap petani bisa mendapatkan kemudahan bukan hanya dari ketersediaan pupuk, tetapi juga dari sisi keterjangkauan dan pemerataan akses. 

Meski demikian, Pupuk Indonesia telah memastikan pemenuhan kebutuhan pupuk nasional dengan kinerja produksi terbaik. Sejak 2023, Pupuk Indonesia mendukung pemerintah untuk memastikan percepatan tanam, salah satunya adalah Program Gebyar Diskon Pupuk yang diadakan di 30 kota yang tersebar di Indonesia.

"Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kemudahan akses pupuk nonsubsidi dengan harga terjangkau, terutama bagi kelompok tani yang belum termasuk sebagai penerima pupuk subsidi," Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...