Sandiaga Ramal Harga Kamar Hotel Pulih Tahun Ini Berkat Turis Asing

Andi M. Arief
23 Januari 2024, 12:38
hotel, sandiaga uno
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.
Wisatawan asing menikmati suasana area kolam renang Hotel Pullman Lombok, Kuta Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/8/2023). Menurut Mandalika Hotel Association (MHA), okupansi hotel atau tingkat keterisian kamar hotel di kawasan wisata KEK Mandalika menjelang ajang MotoGP Mandalika 2023 mencapai 90 persen.
Button AI Summarize

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno memproyeksikan harga kamar hotel akan kembali normal tahun ini. Menurutnya, hal tersebut didorong oleh target kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman yang mencapai 14,3 juta orang sepanjang 2024.

Ia mencatat, target kunjungan wisman pada tahun ini ada di rentang 9,5 juta orang sampai 14,3 juta orang. Sandiaga memprediksikan total wisman yang datang ke dalam negeri pada tahun lalu lebih dari 11 juta orang.

"Saya sudah secara langsung memeriksa harga kamar hotel di beberapa destinasi unggulan dan sudah hampir mencapai harga yang optimal seperti sebelum pandemi Covid-19," ujar Sandiaga pada Senin (22/1).

Ia mencatat, harga kamar hotel pada tahun lalu baru mencapai 70% sampai 80% dari capaian pra pandemi. Oleh karena itu, ia optimistis harga kamar hotel pada tahun ini akan sama seperti capaian 2019.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Haryadi Sukamdani menilai perbaikan harga kamar hotel akan jadi tantangan berat tahun ini.  Menurutnya, hal tersebut diperburuk dengan implementasi kenaikan pajak hiburan mulai awal 2024.

Ia mengatakan, tantangan industri perhotelan saat ini sebenarnya juga sudah berat. Pasokan kamar di luar hotel meningkat dengan adanya layanan pemesanan kamar daring seperti Airbnb dan desa wisata.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...