Harga Tiket Pesawat Mahal, KPPU: Karena Monopoli Avtur Pertamina

Andi M. Arief
6 Februari 2024, 15:29
tiket pesawat, harga tiket pesawat, avtur, kppu
Pertamina
Ilustrasi pengisian bahan bakar avtur untuk pesawat terbang.
Button AI Summarize

Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU menyebut penyebab tingginya harga tiket pesawat adalah monopoli pemasokan avtur yang dikuasai Pertamina. Praktik ini membuat harga avtur dalam negeri lebih tinggi hingga 43% dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya pada Desember 2023.

Kepala KPPU Fanshurullah Asa mengatakan pihaknya telah merekomendasikan pembukaan jasa penyediaan avtur sejak 2008. Rekomendasi yang sama terus diberikan pada 2016 dan 2023.

Pembukaan penyediaan avtur dapat menekan harga avtur di dalam negeri. "Kami sudah buat surat resmi ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait kajian kami," kata Asa dalam acara Coffee Morning KPPU di Jakarta, Selasa (6/2).

Inti kajian terkait monopoli avtur adalah pemerintah perlu merevisi Peraturan BPH Migas Nomor 13 Tahun 2008. Beleid tersebut, menurut dia, membuat Pertamina menguasai pasar avtur nasional secara alami. Padahal, sebelum ada aturan itu penyediaan bahan bakar tersebut dilakukan pula oleh PT Shell Indonesia.  

Revisi aturan akan membuka pelaku usaha dapat bersaing dalam menyediakan avtur di dalam negeri. Asa menawarkan dua skema peningkatan persaingan usaha penyediaan avtur di dalam negeri.

Pertama, pemanfaatan fasilitas penyimpanan avtur terbuka atau open access. Kedua, kerja sama pelayanan bahan bakar minyak (BBM) oleh dua perusahaan atau lebih dalam tangki penyimpanan yang sama atau co-mingle.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...