Garuda akan Tambah Frekuensi Terbang 16 Rute Domestik, Kemana Saja?

Andi M. Arief
1 Maret 2024, 17:33
garuda Indonesia, garuda, pesawat
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Ilustrasi. GIIA akan menambah frekuensi lima rute penerbangan, yakni Sidney-Denpasar, Melbourne-Denpasar, Seoul-Jakarta, Seoul-Denpasar, dan Tokyo-Jakarta pada akhir Maret 2024.
Button AI Summarize

PT Garuda Indonesia Tbk akan meningkatkan frekuensi penerbangan untuk lima rute internasional dan 16 rute domestik pada tahun ini. Langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan pendapatan emiten maskapai berkode GIAA ini. 

Direktur Utama GIAA Irfan Setiaputra mengatakan peningkatan frekuensi tersebut sejalan dengan penambahan armada menjadi 80 pesawat pada akhir tahun ini. Jumlah pesawat GIAA saat ini adalah 69 unit per September 2023. 

"Pertumbuhan pariwisata nasional yang diprediksi akan pulih sepenuhnya pada tahun ini serta target pemerintah dalam peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara 2024 sebesar 68% dari target tahun sebelumnya," kata Irfan dalam keterangan resmi, Jumat (1/3). 

Irfan mengatakan, penambahan frekuensi akhirnya akan memberikan aksesibilitas udara yang beragam bagi ekosistem pariwisata nasional. Ia berencana menambah frekuensi penerbangan domestik maupun internasional.

GIIA akan menambah frekuensi lima rute penerbangan, yakni Sidney-Denpasar, Melbourne-Denpasar, Seoul-Jakarta, Seoul-Denpasar, dan Tokyo-Jakarta pada akhir Maret 2024. Frekuensi penerbangan seluruh rute tersebut akan ditambah menjadi tujuh kali seminggu, kecuali Seoul-Jakarta menjadi lima kali seminggu.

Untuk rute domestik, Irfan berencana menambah frekuensi penerbangan pada 16 rute mulai dari  satu hingga delapan penerbangan per minggu. Seluruh rute penerbangan tersebut menuju atau berangkat dari Jakarta. Peningkatan frekuensi penebangan tersebut akan dilakukan secara bertahap pada April-Agustus 2024.

Penambahan frekuensi penerbangan terbanyak adalah rute Jakarta-Palembang yang ditambah delapan penerbangan menjadi 32 kali seminggu. Sebanyak 16 rute yang akan ditambah frekuensi penerbangannya adalah ke kota Palembang, Yogyakarta, Pontianak, Batam, Pekanbaru, Padang, Semarang, Balikpapan, Makassar, Banda Aceh, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Malang, Labuan Bajo, Lombok, dan Gorontalo.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...