Pemerintah akan Gelontorkan Pembiayaan untuk IKM Otomotif Rp 2 Triliun

Andi M. Arief
8 Maret 2024, 17:48
IKM, otomotif, pembiayaan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mencatat, nilai industri otomotif sepanjang 2023 mencapai Rp 311 triliun atau 9% dari perekonomian nasional.
Button AI Summarize

Pemerintah akan menyalurkan pembiayaan untuk Industri Kecil dan Menengah atau IKM komponen otomotif mencapai Rp 2 triliun pada tahun ini. Penyaluran pembiayaan akan dilakukan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau LPDB-KUMKM kepada koperasi milik Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif Indonesia.

Pagu LPDB-UMKM per tahun mencapai Rp 2 triliun. Pada Januari-Oktober 2023, LPDB telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp 1,24 triliun atau 62% dari total pagu.

Teten optimistis penyaluran LPDB ke IKM komponen otomotif dapat berhasil lantaran pasar ekspor komponen otomotif lebih terbuka. Ia mencontohkan, pemerintah telah berhasil mengawinkan sebagian IKM komponen otomotif dengan produsen mobil di Korea Selatan.

"Dengan konsep koperasi multipihak, kami bisa menghubungkan IKM komponen otomotif dengan industri otomotif di dalam negeri. Selain itu, kami bisa menyalurkan pembiayaan LPDB hingga Rp 2 triliun," kata Teten di kantornya, Jumat (8/3).

Teten mencatat, nilai industri otomotif sepanjang 2023 mencapai Rp 311 triliun atau 9% dari perekonomian nasional. Menurutnya, industri otomotif pertumbuhan tahunan majemuk industri otomotif pada 2018-2023 mencapai 4,1%.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mendata, penjualan mobil nasional mencapai 1 juta unit. Sementara itu, penjualan sepeda motor di dalam negeri adalah 5,2 juta unti.

Teten menilai industri otomotif akan semakin berkembang dengan masuknya pabrikan kendaraan listrik atau EV di dalam negeri. Menurutnya, IKM komponen otomotif dapat memanfaatkan industri EV lantaran pembuatan komponennya dinilai lebih sederhana dibandingkan kendaraan konvensional.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...