Mudik Lebaran, E-Toll Tak akan Kadaluarsa Meski Terlalu Lama di Tol

Andi M. Arief
3 April 2024, 12:46
mudik, jasa marga, uang elektronik
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Ilustrasi.
Button AI Summarize

PT Jasa Marga Tbk meniadakan pengaturan masa kadaluarsa kartu uang elektronik selama musim mudik dan arus Balik Lebaran 2024. Hal tersebut dilakukan agar perjalanan mudik tidak terganggu.

Pengguna jalan tol sebelumnya diimbau untuk tidak melewati dua kali dari durasi perjalanan maksimum dalam kondisi normal. Ini karena hal tersebut dapat menyebabkan kartu uang elektronik atau KUE kadaluarsa dan tidak dapat keluar dari jalan bebas hambatan.

Meski demikian, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, operator telah menyiapkan petugas yang membawa alat pembaca KUE di gerbang tol. Dengan demikian, transaksi akan berjalan normal dan KUE yang digunakan masih dapat berfungsi untuk transaksi lainnya.

"Apabila terdapat pengguna jalan dengan durasi perjalanan di atas maksimum, gardu otomatis tidak akan terbuka saat ingin melewati gerbang tol dan status KUE menjadi kadaluarsa," kata Lisye kepada wartawan, Rabu (3/4).

Kementerian Perhubungan mendata total pemudik dengan mobil pribadi tahun lalu mencapai 27,32 juta orang. Angka tersebut naik 29,64% menjadi 35,42 juta orang atau 18,92% dari total pemudik.

Jasa Marga memproyeksikan jumlah mobil yang keluar dari Jabodetabek mencapai 1,86 juta unit atau naik 5,94% dari musim Mudik Lebaran 2023. Angka tersebut lebih tinggi 54,13% dari kondisi normal.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...