Unilever Tarik Es Krim Magnum Almond di Inggris dan Irlandia, Kenapa?

Agustiyanti
23 April 2024, 16:22
magnum, es krim magnum, unilever
Instagram/Magnum
Ilustrasi. Unilever sempat mengumumkan rencana perusahaan untuk memisahkan bisnis es krimnya dan memangkas 7.500 pekerjaan.
Button AI Summarize

Unilever Plc menarik kembali produk es krim Magnum Almond dalam jumlah terbatas di Inggris dan Irlandia. Penarikan dilakukan merupakan bagian dari pencegahan karena adanya kemungkinan produk tersebut tercemar plastik dan logam. 

Mengutip Bloomberg, produk yang terkena dampak adalah produk pada batch L3338, L3339, L3340, L3342 dengan tanggal baik digunakan sebelum Desember 2025. Badan Standar Makanan Inggris menyebut, sejauh ini tidak ada produk di negara lain yang terkena dampak penarikan tersebut. 

Unilever pada bulan lalu sempat mengumumkan rencana perusahaan untuk memisahkan bisnis es krimnya dan memangkas 7.500 pekerjaan. Ini merupakan bagian dari rencana program penghematan biaya yang dilakukan perusahaan.

Menurut Unilever, spin-off ini akan segera dimulai dan diharapkan selesai pada akhir tahun 2025. Bisnis es krim tersebut dikabarkan akan dipindahkan ke Amsterdam.

Langkah ini merupakan upaya Unilever untuk mencatatkan pertumbuhan penjualan dan meningatkan margin. Bisnis es krim menyumbang sekitar 16% dari penjualan global Unilever dan di beberapa negara menyumbang sepertiga atau 40%.

Unilever meluncurkan program untuk menghemat biaya sekitar 800 juta euro selama tiga tahun ke depan. Perubahan yang diusulkan akan berdampak pada sekitar 7.500 pekerjaan secara global, dengan total biaya restrukturisasi diperkirakan sekitar 1,2% dari keseluruhan omzet selama periode tersebut.

Pemotongan ini akan berdampak pada sekitar 5,9% tenaga kerja Unilever yang berjumlah sekitar 128.000 orang.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...