Ikuti Langkah Amerika Cs, Jepang Boikot Diplomatik Olimpiade Cina 2022

Happy Fajrian
11 Desember 2021, 17:11
olimpiade, cina, jepang, boikot
ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/hp/cf
Ilustrasi olimpiade.

Pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk mengikuti langkah Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Inggris untuk memboikot secara diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing, Cina 2022.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mempertimbangkan untuk hanya mengirim komite penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, termasuk presiden komite Seiko Hashimoto ke Olimpiade Beijing yang akan digelar pada Februari tahun depan.

Kishida akan mengumumkan keputusannya akhir bulan ini. “Namun pemerintah Jepang masih belum memutuskan apakah akan menggunakan istilah ‘boikot diplomatik’ atau tidak,” ujarnya seperti dikutip Nikkei Asia Review, pada Sabtu (11/12).

Pemerintahan Kishida menekankan pentingnya hak asasi manusia sejak ia mulai menjabat sebagai perdana menteri. Sebuah sumber mengatakan bahwa untuk mengimbangi langkah sekutunya, Amerika, Kishida menyatakan akan sulit untuk mengirim pejabat resmi pemerintah dari kabinetnya.

Awal pekan ini Kanada bergabung dengan Australia, Inggris, dan AS untuk memboikot Olimpiade musim dingin di Cina dengan alasan prihatin dengan pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah Cina di wilayah Xinjiang terhadap etnis Uighur.

AS mengumumkan keputusan untuk tidak mengirimkan wakil diplomatik atau perwakilan ke Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki pada Senin (6/12).

"Pemerintahan Biden tidak akan mengirim perwakilan diplomatik atau resmi apa pun ke Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022, mengingat genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan Cina yang sedang berlangsung di Xinjiang, dan pelanggaran HAM lainnya," kata Psaki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...