Ikuti Rusia, Amerika Berhasil Uji Coba Senjata Berkecepatan Suara

Yuliawati
Oleh Yuliawati
17 Mei 2022, 14:06
AMerika, Rusia, hipersonik
ANTARA FOTO/REUTERS/WANA (West Asia News Agency) /NZ/dj
Ilustrasi.

Angkatan Udara Amerika Serikat pada Senin (16/5) mengatakan mereka telah berhasil melakukan uji coba senjata hipersonik, yang terbang dengan lima kali kecepatan suara.  Sebelum Amerika, Rusia telah meluncurkan senjata hipersonik. 

AU Amerika meluncurkan The Air Rapid Response Weapon (ARRW) dari pembom B-52H yang berhasil mencapai kecepatan hipersonik. Uji coba tersebut dilakukan pada Sabtu (14/5) di lepas pantai California Selatan.

Advertisement

“Ini adalah pencapaian besar oleh tim ARRW, untuk perusahaan senjata, dan Angkatan Udara kami,” kata Brigjen. Jenderal Heath Collins, pejabat eksekutif program Angkatan Udara untuk senjata, dikutip dari CNN, Selasa (17/5).

ARRW adalah senjata hipersonik yang menggunakan roket pendorong untuk mempercepat rudal mencapai kecepatan lebih dari Mach 5, atau lima kali kecepatan suara.

AU Amerika berulangkali gagal dalam proses uji coba AARW.  CNN menyebutkan program senjata hipersonik ini sempat mengalami tiga kali gagal uji coba. Bulan lalu, AU mengatakan terdapat anomali dalam proses uji terbang yang membuat target proyek ini mundur.

Sehari sebelum tes ini, Sekretaris Angkatan Udara Frank Kendall mengakui masalah yang dihadapi program ARRW. “Program ini belum berhasil dalam penelitian dan pengembangan sejauh ini,” kata Kendall kepada Subkomite Alokasi DPR untuk Pertahanan.

"Kami ingin melihat bukti keberhasilan sebelum kami membuat keputusan tentang komitmen produksi, jadi kami akan menunggu dan melihat."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement